Kasus Covid-19 Meningkat, 1157 Bed Rumah Sakit Terisi

Karawang – Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Covid-19 Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana mengungkapkan sebanyak 1157 keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR)
kini telah terisi 94,2 persen. Jumlah tersebut adalah jumlah dari seluruh Rumah Sakit (RS) di Kabupaten Karawang yang menangani pasien Covid-19 baik RS Swasta maupun RS rujukan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan,” ucap Fitra saat diwawancarai, Kamis (17/6/2021) sore.

Fitra mengatakan untuk pasien yang dirawat di rumah sakit merupakan pasien bergejala sedang berat. Sedangkan pasien bergejala ringan melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing masing atau di lokasi yang telah disediakan oleh aparat desa setempat.

“Khusus yang bergejala ringan, proses isoman mereka didampingi oleh pihak puskemas yang rutin memberikan obat selama 7 hari berturut-turut,” kata Fitra.

Untuk mengantispasi kekurangan Bed, lanjut dia, pihak Satgas berencana membuka rumah sakit darurat, yaitu hotel dengan kapasitas bed yang besar.

“Sampai saat ini pemilihan hotel yang akan dijadikan lokasi perawatan pasien covid masih di diskusikan,” ucapnya.

Ia menjelaskan peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Karawang terjadi dari dua klaster, industri dan keluarga. Ia meminta kepada masyarakat untuk bertindak pro aktif jika di lingkungan sekitarnya ada yang terkonfirmasi positif corona.

“Kalau mengalami gejala seperti covid, jangan takut untuk langsung periksa ke puskesmas. Dan untuk wilayah industri kami minta jangan menutupi karyawanya yang positif covid. Ini akan menyulitkan kita pada proses tracingnya,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Komisi IV DPRD Gelar Rapat Dengar Pendapat Bersama KAMI Karawang

Karawang – Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang melakukan rapat dengar ...

%d bloggers like this: