Kemenkes Salurkan Bantuan Alkes 10 buah High Flow Nassal Canula

Karawang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang menerima Bantuan Alkes 10 buah High Flow Nassal Canula (HFNC) untuk Covid 19 dari Kementrian Kesehatan. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Plt Dirut RSUD Karawang, dr. Fitra Hergyana SpKK, MH.Kes Jumat (17/6/2021) sore tadi.

Jubir Satgas Covid-19 Karawang ini mengatakan, dalam penanganan pasien COVID-19, setidaknya rumah sakit membutuhkan empat tipe piranti, yakni Mask Nasal (alat bantu pernafasan menggunakan masker), HFNC, Noninfasif Ventilator, dan Infasif Ventilator.

“Alat ini merupakan tahapan kedua dari pemakaian terapi oksigen bagi kasus keterpurukan oksigen yang parah. Dengan penggunaan HFNC itu bisa membantu untuk menunda atau jangan sampai pasien tersebut jatuh ke ventilator yang infasif,” ujar Fitra.

“Sebelumnya, RSUD karawang sebagai RS rujukan covid di karawang sudah memiliki 5 buah HFNC. Dengan penambahan bantuan 10 HNFC dari Kemenkes, sehingga berjumlah 15 tentunya dapat bermanfaat untuk memudahkan penanganan pasien covid-19,” jelas Fitra.

Dalam kesempatan itu, Fitra mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Kemenkes utamanya kepada Menteri Kesehatan Budi G Sadikin dan Dirjen Yanmedik Kemenkes Prof Abdul Kadir Sp.THT – KL (K) yang telah membantu dan mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Karawang.

“Kami juga berkomunikasi dengan pak Menkes, Pak Budi G Sadikin agar pelayanan covid 19 di RSUD Karawang dapat berjalan maksimal. Alhamdulillah hari ini atas atensi beliau mengirimkan 10 HFNC utk penanganan Covid di RSUD Karawang,” ujarnya.

Ia melanjutkan, pihak RSUD Karawang telah menambah sebanyak kapasitas tempat tidur untuk pasien covid sebanyak 12 bed. Total dari jumlah sebelumnya 139 tempat tidur menjadi 151 tempat tidur.

“Ini bentuk antisipasi atas lonjakan kenaikan kasus covid di Karawang. Semoga masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,”pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...