Kekurangan Tempat Inap, Gubernur Jawa Barat Tinjau Tempat Isolasi Desa

Karawang – Tingginya kasus Covid-19 di Kabupaten Karawang, ditambah kamar inap bagi pasien Covid-19 Karawang penuh di seluruh RS, menjadi perhatian khusus Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kang Emil, sapaan Gubernur Jabar, meninjau tempat inap di RSUD dan tempat-tempat isolasi yang disediakan Pemerintah Kabupaten hingga tingkat desa di Karawang. Selain meninjau, Gubernur juga memberikan penguatan logistik/anggaran bagi Kabupaten Karawang untuk menghadapi pandemi Covid-19.

“Hotel-hotel difungsikan-Rumah kontrakan di desa-desa difungsikan, untuk ruang isolasi pasien gejala ringan dan pasien yang mau sembuh dari rumah sakit,” ujar Gubernur.

Langkah memanfaatkan hotel dan rumah kontrakan di desa itu dilakukan agar keterisian rumah sakit bisa turun. Tak hanya itu, saat ini RS dikhususkan untuk pasien dengan gejala berat dan sangat berat.

“Pasien tidak bergejala bisa isolasi mandiri di rumah, dengan diperhatikan oleh petugas puskesmas. Setiap lima hari akan disuplai obat-obatan dan vitamin,” ujar Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

Bupati mengatakan, kenaikan jumlah kasus per hari Rabu kemarin mencapai 319 orang, dimana kasus ini merupakan kasus tertinggi dari sebelumnya di Karawang. Jumlah bed yang tersedia sekitar 1.208 bed dan hampir penuh dengan keadaan pasien bergejala sedang-berat.

“Ruangan HCU maupun ICU pun penuh karena banyak pasien yg mengalami perburukan. Sehingga peran masyarakat melalui PPKM sangat penting untuk mengendalikan Covid-19 bersama-sama,” ujarnya.

Saat ini, dikatakan Bupati Cellica, upaya yang dilakukan yakni mengoptimalkan treatment bagi pasien-pasien yang membutuhkan penanganan ekstra (bergejala berat) adalah dengan membuka beberapa hotel agar pasien yang mengalami perbaikan bisa dialihkan untuk pemulihannya.

“Sehingga bed di rumah sakit dapat digunakan untuk pasien yang lebih membutuhkan perawatan yang lebih,” tandasnya.

Tantangan bagi Pemkab Karawang yaitu kondisi saat ini para tenaga kesehatan baik yang di rumah sakit maupun di puskesmas banyak yang terpapar Covid-19 dan sedang melakukan isoman.

“Para Nakes ini ada yang terpapar dari lingkungan keluarga,lingkungan maupun ketika melaksanakan tugasnya,” ujarnya. .

Bupati berharap masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar, karena peran serta Masyarakat sangat membantu untuk menangani lonjakan Covid-19 di Kabupaten Karawang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pak Gubernur atas perhatiannya,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...