Program Penerimaan Mahasiswa Asing Universitas Singaperbangsa Karawang

Karawang – Program Penerimaan Mahasiswa Asing (PMA) atau International Undergraduate Program (IUP) merupakan program sarjana yang diadakan oleh Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) untuk pelajar-pelajar asing yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi mereka di Indonesia.

Program ini merupakan program unggulan UNSIKA di tahun 2021 yang pertama kali digagas oleh Rektor UNSIKA, Ibu Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak. CA. yang pelaksanaannya dilakukan oleh Pusat Kajian dan Layanan Internasional, yang diketuai oleh Fardiah O Lubis, dan Panitia SMMPTN. Program PMA ini adalah program sarjana dengan sekurang-kurangnya 144 SKS yang juga meliputi tugas akhir dan harus diselesaikan dalam waktu 4 tahun atau 8 semester.


Program ini akan diikuti oleh mahasiswa asing yang memenuhi prosedur penyeleksian, meliputi seleksi administratif dan wawancara. Proses pendaftarannya sendiri telah ditutup pada tanggal 24 Juni 2021. Sejumlah 52 peserta telah mendaftar pada program ini. Mereka berasal dari berbagai negara di dunia, di antaranya Thailand, Filipina, Sri Lanka, Pakistan, Uzbekistan, Tajikistan, Kazhakstan, Mesir, Afghanistan, Yemen, Peru, Bangladesh, India dan Uganda. Saat ini proses penyeleksian masih terus berlangsung dan hasil akhir direncanakan akan diumumkan di bulan Juli.

Terdapat 9 prodi dari 9 fakultas yang nantinya akan menerima mahasiswa dari program ini. Program ini bertujuan untuk memajukan pendidikan tinggi dan meningkatkan internasionalisasi pendidikan di Indonesia pada umumnya dan di Karawang pada khususnya. Diharapkan dengan adanya mahasiswa asing di UNSIKA, maka suasana internasional dapat terbina dan dapat memberi manfaat bagi mahasiswa-mahasiswa UNSIKA agar dapat terbiasa dengan lingkungan internasional.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...