Mahasiswa KKN UBP Bantu Meningkatkan UMKM Desa Mekarbuana Melalui Pemasaran Online

Mahasiswa UBP Karawang

Karawang – Pada Masa pandemi Covid-19 semua hal yang dulunya dikerjakan secara luring kini berganti menjadi sistem daring. Tak terkecuali kegiatan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata KKN dengan tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New Normal” yang diadakan oleh Universitas Buana Perjuangan Karawang.

Tahun ini UBP Karawang mengirimkan ribuan mahasiswa/mahasiswi untuk di sebar ke 90 Desa yang ada di Kabupaten Karawang.
Dari 90 Desa tersebut, salah satu Desa yang dijadikan lokasi KKN kelompok kami adalah Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang.

Tentu bukan hal yang mudah melakukan kegiatan KKN secara daring, namun hal tersebut tak mematahkan semangat para mahasiswa demi mengabdi kepada masyarakat khususnya di Desa Mekarbuana, Kabupaten Karawang.
(Rabu/21/07/2021).

Setelah diberi izin langsung oleh pihak desa untuk melakukan kegiatan KKN, pada hari Rabu tanggal 23 Juni 2021 Mahasiswa KKN UBP merealisasikan salah satu program kerja untuk UMKM di Desa Mekarbuana.

“Mengkaji kekurangan dan potensi yang ada sehingga diharapkan Unit Usaha/UMKM tersebut dapat lebih berkembang,”ungkapnya

Tak lupa mahasiswa melaksanakan sosialisasi langsung ke UMKM tentunya dengan mematuhi prokes Covid-19.
Ada satu UMKM yang dipilih dalam pembinaan ini, yaitu UMKM pisang. Mahasiswa juga memberikan beberapa wawasan kepada pengelola UMKM untuk Pemasaran Seperti memberikan cara untuk memasarkan produk melalui social media seperti instagram, shopee, dan memberikan flyer promosi agar terlihat lebih menarik.

Kegiatan sosialisasi tersebut sangat di terima oleh binaan UMKM di desa Mekarbuana dengan mengikutsertakan Pengelola. Hal ini memudahkan Mahasiswa untuk bisa melaksanakan kegiatan sosialisasi dengan baik dan sesuai harapan.


“Kami sangat senang dan merasa terbantu dengan adanya mahasiswa KKN dari UBP Karawang yang telah memberikan saran dan ilmunya kepada kami khususnya untuk perkembangan UMKM pengolahan pisang ini,” ujar masyarakat pengelola pisang.


“Kami berterimakasih atas binaan dari mahasiswa KKN UBP yang telah diberikan, ini sangat membantu perkembangan UMKM untuk kedepannya,” tambahnya.

Dari adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan bisa membantu atau membangkitkan UMKM dan menambah perkembangan ekonomi masyarakat Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru, walaupun pada saat masa pandemi COVID-19.(red)

Kontak wartawan : 085691178512

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Karawang Meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat meraih penghargaan sebagai ...

%d bloggers like this: