Renungan Suci Kemerdekaan Republik Indonesia

Karawang – Jelang puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-76 Tahun 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Karawang menggelar apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Kegiatan ini bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Karawang, Pancawati, Klari tepat pukul 00:00 WIB, Selasa dini hari (17/8/2021).

Acara yang berlangsung selama sepuluh 30 menit tersebut, dipimpin oleh Kapolres Karawang
AKBP Aldi Soebartono selaku Inspektur Upacara.

Turut hadir Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, Wakil Bupati H. Aep Syaepuloh, Ketua DPRD Pendi Anwar, Dandim 0604 Letkol Inf Medi Haryo Wibowo, Kajari Martha Parulina Berliana.

Kapolres Karawang Aldi Subartono selaku inspektur upacara memberikan penghormatan kepada para pahlawan diantaranya Angkatan Bersenjata 280 orang, pegawai sipil 120 orang dan pahlawan tak dikenal 34 orang yang bersemayam di tanah dengan luas 4 hektar.

Pelaksanaan acara ini bertambah hening taktala lampu penerangan dimatikan berganti dengan nyala obor yang diletakan tepat di setiap makam. Selanjutnya, Kapolres melaksanakan tabur bunga diikuti oleh Bupati serta jajaran forkopimda lainnya.

Kegiatan yang digelar setiap tahunnya ini dimaksudkan untuk mengenang para Pahlawan yang rela mengorbankan Jiwa Raganya demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Momentum ini penting untuk kita renungkan sebab jasa para pahlawan sangat besar bagi bangsa ini dalam merebut kemerdekaan”, ucap Bupati.

Pelaksanaan apel kehormatan dan Renungan Suci ini berjalan dengan khidmat dan lancar, yang diawali dengan pembacaan naskah Apel kehormatan oleh Irup dan diakhiri dengan pembacaan doa. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Diduga Pencuri Berkedok Debt Collector, Sepeda Motor Berjenis Yamaha Nmax Raib Dibawa Kabur

Karawang – Kendaraan sepeda motor Yamaha Nmax milik warga Desa ...