Dalang Saju Jamaludin Tak Bisa Manggung karena Pandemi Covid-19

Ketua Pepadi Karawang, Waya Karmila (baju putih), bersama Dalang Saju Jamaludin (baju hijau)

Karawang – Ketua Pepadi Kabupaten Karawang, Waya Karmila berkunjung ke rumah dalang wayang golek Dalang Saju Jamaluddin.

Kedatangan Waya ke rumah dalang Saju tentunya mengagetkan baginya. Dalang Saju Jamaluddin adalah salah satu dalang dari Karawang yang masih eksis manggung dibeberapa tempat di Kabupaten Karawang , Bekasi dan Bogor.

Usianya terbilang sudah tua. Namun semangatnya tetap tidak pudar untuk menerima panggilan manggung Wayang Golek. Dalang Saju Jamaludin lahir tahun 1960, berdomisili di Kampung Ranca Julang Desa Mulya Jaya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang.

Sejak bulan April 2020, ia mempunyai acara panggungan Wayang Golek sebanyak 26 panggung. Namun sampai sekarang satupun tidak ada yang jadi manggung karena alasan Pandemi Covid-19.

Dalang Saju Jamaludin mulai berkiprah menjadi dalang pada tahun 1981 dan berguru pada Dalang Tamin serta sering ikut dengan Dalang Cecep Supriadi.

“Meskipun setiap panggungan tidak mendapatkan upah dari Dalang Cecep, karena memang tujuannya bukan upah tapi dia ingin bisa menjadi dalang,” kata Waya dikutip dirilis akun medsos Pepadi Karawang.

Mulai pada tahun 1985 banyak panggungan dari berbagai daerah yang ada di Karawang. Untuk mengisi kekosongan manggung Dalang Saju Jamaludin sehari harinya sekarang mengelola kebun dan sawah miliknya walaupun tidak luas.

Dalang Saju Jamaludin mengucapkan terimakasih kepada Ketua Pepadi Karawang yang sudah berkunjung ke rumahnya, bukti nyata memperhatikan seniman dalang Wayang Golek.

“Termasuk ke saya walaupun rumah saya diujung kampung, tapi sudah mau datang,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...