Mediasi Buntu, Serikat Buruh Chang Shin Bakal Aksi Lanjutan

Ketua Umum Serikat Buruh Chang Shin Indonesia, Saripudin.

Karawang – Aksi Unjuk Rasa Serikat Buruh Chang Shin Indonesia di Kantor Disnakertrans berlangsung mediasi. Selasa (31/8/2021) di ruang rapat Disnakertrans.

Pasalnya, mediasi itu antara serikat buruh dan manajemen PT CSI ditengahi pihak mediator dari Disnakertrans untuk melakukan upaya-upaya agar tidak terjadi PHK.

Namun demikian, setelah musyawarah panjang berjam-jam tidak menghasilkan suatu keputusan yang menjadi tuntutan serikat buruh. Sehingga mediasi dihentikan dan akan dilanjutkan kembali.

Ketua Umum Serikat Buruh Chang Shin Indonesia juga yang tergabung dalam Forum Buruh Karawang (FBK), Saripudin mengatakan, mediasi tidak menghasilkan apa yang menjadi tuntutan buruh. Sehingga ia akan melakukan aksi lanjutan kembali di Kantor Bupati Karawang.

Baca juga : https://www.faktajabar.co.id/2021/08/31/phk-sepihak-serikat-buruh-pt-chang-shin-kepung-kantor-disnakertrans-karawang/

“Saat mediasi kami menyampaikan tuntutan pekerjakan kembali NSD yang sudah di PHK sepihak. Jalankan kebebasan berserikat, stop diskriminasi dan intimidasi terhadap pengurus serikat buruh dan tindak tegas pimpinan yang melakukan pelecehan verbal. Kami perjuangkan rasa keadilan,” katanya usai mediasi.

Ia menegaskan, jika tuntutan tersebut tidak direalisasikan maka aksi lanjutan dengan masa lebih banyak lagi. Pihaknya juga mengaku gerakan aksi sudah dilakukan kedua kalinya.

“Sebelumnya kita aksi statis di PT Chang Shin. Dengan membagikan selembar kertas menyampaikan informasi bila terjadi PHK sepihak di CSI. Sementara perusahaan tetap melakukan rekrutmen tenaga kerja,” kata dia.

Sementara ini, pihaknya masih menunggu kelanjutan dari tim mediator Disnakertrans untuk musyawarah kembali.

“Kita tunggu undangan Disnaker selanjutnya untuk mediasi sampai selesai. Jika tidak ada kejelasan, kita akan kepung lagi dengan jumlah masa lebih banyak,” tandasnya. (red)

Video aksi : https://youtu.be/BwwAhmm-Wpo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...