Waspada Kebakaran, Lapas Kelas IIA Karawang Melakukan Kroscek Instalansi Listrik dan Pemadam Api

Petugas Lapas Kelas IIA Karawang Melakukan Kroscek Instalansi Listrik dan Pemadam Api

Karawang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Karawang melakukan pengecekan instalasi listrik dan alat pemadam api ringan.

Pasalnya, pengecekan itu dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya insiden kebakaran hebat di Lapas Kelas I Tangerang hingga menyebabkan 41 orang meninggal dunia.

Kasubsi Pelaporan dan Tata Tertib Lapas Kelas IIA Karawang, Andri Sapari, mengatakan Lapas Karawang sudah melakukan langkah antisipasi kebakaran.

“Langkah terutama pengecekan instalasi listrik disemua blok maupun di area ruangan kantor,” katanya, Rabu (8/9/2021) di.

Ia mengatakan, selain memastikan instalasi listrik tertata dengan baik pihaknya juga melakukan pengecekan alat-alat pemadam kebakaran di area-area yg sudah disediakan.

“Total ada 15 titik alat pemadam kebakaran yang sudah dipasang di Lapas Kelas IIA Karawang,” ujarnya.

Ia menambahkan, alat pemadam kebakaran telah dilakukan pengecekan di beberapa ruangan dan blok. Lapas Karawang juga bantuan dari Dirjen tiga bulan lalu alat pemadam api berbentuk bola pemadam sudah pasang.

“Itu tersebar di sejumlah titik area lapas. Mulai dari lorong dekat ruang tahanan, ruangan kantor maupun di area-area strategis lain,” jelasnya.

Skema mitigasi pun telah disiapkan, apabila terjadi kebakaran. Langkah pertama yang dilakukan dengan membunyikan lonceng sebagai tanda isyarat terjadi gangguan atau kebakaran.

“Kemudian, membuka kunci blok dan kamar-kamar lalu mengevakuasi warga binaan dengan dikumpulkan di titik kumpul lapangan terbuka sambil menunggu petugas pemadam kebakaran datang,” kata dia lagi.

Lapas juga melakukan pelatihan bimbingan teknis maupun simulasi terkait penanggulangan bencana. Dalam waktu dekat ini memang sudah direncanakan dari sebelum ada kejadian di Lapas Tanggerang itu ada simulasi dari Dinas Pemadam Kebakaran terkait mitigasi dan penanggulangan jika terjadi kebakaran.

“Kita sudah rencanakan pelatihan penanggulangan kebakaran. Karena dari Damkar masih ada giat, maka belum kita laksanakan. Tapi kita sudah terjadwal kan,” paparnya seraya menyebutkan Lapas Kelas IIA Karawang memiliki empat blok dengan dihuni sebanyak 1.093 warga binaan. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sebelum Tatap Muka, Pelajar SMA Terus Divaksinasi

Karawang – Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh meninjau langsung ...

%d bloggers like this: