Semarak Hari Jadi Karawang ke-388, Paguron Silat Gelar Do’a Bersama dan Potong Tumpeng

PSHT Pusat Madiun Cabang Kabupaten Karawang memotong tumpeng perayaan Milangkala Karawang ke 388 Tahun

Karawang – Semarak hari jadi Kabupaten Karawang ke 388 Tahun berbagai elemen merayakan. Tak terkecuali Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) dan Pejuang Siliwangi (PSI) Kabupaten Karawang merayakan hari jadi Kota Pangkal Perjuangan ke 388 Tahun.

Melalui perguruan pencak silat yang dinaungi IPSI dan PPSI se Karawang melangsungkan do’a bersama serta potong tumpeng secara serentak. Pasalnya melalui kegiatan ini Karawang lebih baik lagi sesuai dengan tema Sayagi Diri Karawang Sehat (Sarasa).

Ketua IPSI, PPSI dan PSI Kabupaten Karawang, H. Acep Jamhuri, diwakili Wakil Ketua IPSI, H Suryana mengatakan, kegiatan tersebut sebagai memeriahkan hari jadi Kabupaten Karawang.

Paguron yang dinaungi IPSI dan PPSI di 30 kecamatan melakukan do’a bersama untuk Karawang lebih baik lagi. Terlebih saat ini pandemi Covid-19 agar cepat selesai, kemudian perekonomian kembali stabil dan masyarakat Karawang sehat.

“Kita gelar do’a bersama secara serentak di tiap paguron. Kemudian menyampaikan sejarah Karawang oleh pimpinan paguron dan potong tumpeng untuk makan bersama,” katanya, Selasa 14 September 2021.

“Selain paguron pencak silat, ditambahkan lagi dengan Pejuang Siliwangi Indonesia se Karawang dari perkotaan hingga desa melakukan yang sama. Insya Allah barokah,” ujarnya.

Dengan kegiatan itu, lanjutnya, kemeriahan milangkala Karawang lebih di rasakan masyarakat, khususnya para insan pencak silat di Kota Pangkal Perjuangan. Nantinya tercipta rasa milintansi terhadap Karawang.

“Kondisinya masih pandemi Covid-19. Sehingga tidak bisa merayakan milangkala dengan kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa skala besar. Oleh karenanya, di masing-masing padepokan pencak silat menggelar perayaan milangkala dengan do’a bersama serta potong tumpeng,” tambahnya.

“Kami juga pasang spanduk di setiap padepokan pencak silat, agar semarak dan masyarakat mengetahui 14 September adalah hari jadi Karawang,” pungkasnya.

Suherman, Pengurus PSHT Pusat Madiun Cabang Kabupaten Karawang mengapresiasi do’a bersama dan potong tumpeng yang digelar IPSI dan PPSI Karawang.

“Ini bagus sekali, kami mendukung kegiatan syukuran hari jadi Kabupaten Karawang. Ke depan diharapkan bisa lebih meriah lagi,” harapnya.

Hal senada disampaikan Endang dari Paguron Macan Kumbang. Pasalnya potong tumpeng secara serentak di setiap paguron baru kali ini diselenggarakan.

“Jadi sejarah baru di IPSI dan PPSI. Semoga bertambah berkah dan maju lagi untuk IPSI dan PPSI Karawang,” ungkapnya.

Saepul Anwar, Ketua Padepokan Dampal Bumi juga turut bangga atas hal tersebut. Sebagai putra Karawang ia merasa terharu atas kepedulian IPSI dan PPSI.

“Sebagai orang Karawang dan pribumi putra daerah, kami bangga. Sejak dulu harusnya dilaksanakan seperti ini. Dan kami berharap, tahun depan bisa lagi di selenggarakan do’a bersama dan tumpengan sebagai rasa syukur kita,” tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sebelum Tatap Muka, Pelajar SMA Terus Divaksinasi

Karawang – Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh meninjau langsung ...

%d bloggers like this: