Dukung Percepatan Vaksinasi, Kepolisian Buat Kegiatan Inovatif

Purwakarta – Dalam mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 kepada warga Kabupaten Purwakarta, berbagai upaya dilakukan jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta.

Kali ini, Polres Purwakarta membuat inovasi pemberian vaksinasi Covid-19 dengan sistem drive thru. Vaksinasi yang digelar di Halaman Mapolres Purwakarta, tersebut dilakukan untuk mencegah adanya kerumunan.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto mengatakan vaksinasi drive thru adalah pelayanan vaksinasi kepada masyarakat Kabupaten Purwakarta langsung di atas kendaraannya saat melintas di depan Mapolres Purwakarta.

“Tujuan adanya kegiatan vaksinsi drive thru ini adalah untuk mempercepat target tuntas vaksinasi dosis pertama. Kegiatan ini juga melibatkan Urusan Kesehatan Bagian Sumber Daya Manusia Polres Purwakarta,” ucap Pria yang akrab disapa Hery itu, pada Jumat, 22 Oktober 2021.

Dijelaskannya, prosedur vaksinasi Covid-19 secara drive thru juga tidak jauh berbeda dengan pemberian vaksinasi biasanya, yakni juga melalui pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan dan riwayat penyakit. Namun yang berbeda adalah peserta vaksinasi tidak turun dari kendaraannya.

Kapolres menyebut, vaksinasi drive thru merupakan terobosan layanan untuk memudahkan, mempercepat, dan menghindari terjadinya kerumunan. Masyarakat cukup datang ke lokasi dengan membawa identitas KTP atau kartu keluarga (KK) beserta foto kopinya.

“Rencananya kegiatan itu rutin tetap dilakukan. Diharapkan ketika semua lapisan masyarakat telah melaksanakan vaksinasi, penyebaran Covid-19 dapat ditekan dan pandemi segera berakhir, dan bagi yang sudah mendapatkan vaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” ucap AKBP Suhardi Hery Haryanto.

Sementara, salah satu peserta vaksinasi Syaripudin (23) warga Desa Parakansalam, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta, mengaku senang ada vaksinasi secara drive thru ini. Bahkan program tersebut memudahkan dirinya yang berprofesi sebagai buruh pabrik.

“Alhamdulillah ada vaksin drive thru ini, kita tidak perlu antri menunggu, jadi bisa langsung sambil berangkat kerja. Setelah di vaksin alhmdulilah gak ada gejala apapun, saya bisa langsung kerja lagi,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wujudkan Pelayanan Prima, Lapas Karawang Tidak Cuti Demi Layanan Kunjungan

Faktajabar.co.id – Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu moment ...