Mengangkat Nilai Kebangsaan, Ratusan Komunitas di Karawang Gelar Kirab Merah Putih

KARAWANG – Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda serta mengangkat nilai-nilai mental kebangsaan, untuk memberikan rangsangan kembali mental masyarakat untuk lebih kreatif dan berwawasan dalam menerapkan nilai-nilai kebudayaan berbangsa dan bernegara
dalam kehidupan lingkungan.

Para pemuda-pemudi yang tergabung dalam Organisasi Kepemudaan (OKP), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Organisasi Masyarakat (Ormas), Paguyuban serta Komunitas yang ada di Kabupaten Karawang menggelar kirab Merah Putih secara estapet dengan berjalan kaki dari Cikampek ke tugu proklamasi Rengasdengklok, Sabtu (23/10).

Acara kirab merah putih yang di gelar untuk menyambut hari sumpah pemuda ini pun sekaligus napak tilas untuk Resimen 6 Cikampek yang dulu pernah ada di tanah Karawang berjuang untuk mengusir para penjajah.

“Acara kirab merah putih ini di lakukan untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda yang mana pemuda adalah benteng pertahanan bangsa. Semoga dengan adanya acara ini, pemuda pemudi yang di lalui peserta kirab merah putih pun teredukasi bahwa Sumpah Pemuda adalah sumpah yang sakral, bahkan salah satu syarat menjadi negara adalah adanya bangsa, sehingga negara mempunyai lambang yaitu bendera merah putih,” jelas Ketua Pelaksana Ganjar Rohutomo kepada Fakta Jabar.

Kirab Merah Putih, lebih lanjut Ganjar mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan suatu gerakan seluruh elemen masyarakat (pemerintah & rakyat) dengan cara yang cepat untuk mengangkat kembali nilai-nilai strategis yang diperlukan oleh Bangsa dan Negara untuk mampu menciptakan ketertiban dan kesejahteraan rakyat sehingga dapat memenangkan persaingan di era globalisasi.

“Kirab Merah Putih ini bertujuan untuk mengubah cara pandang, pola pikir, sikap, perilaku dan cara kerja yang berorientasi pada kemajuan dan kemodernan sehingga Indonesia menjadi bangsa besar yang mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Membangkitkan kesadaran dan membangun sikap optimistik dalam menatap masa depan Indonesia sebagai negara dengan kekuatan besar untuk berprestasi tinggi, produktif, dan berpotensi menjadi bangsa maju dan modern dengan fondasi tiga pilar TRISAKTI,” katanya.

Acara tersebut di hadiri oleh beberapa tokoh Karawang, anak-anak pejuang kemerdekaan, dan dihadiri oleh Ketua LVRI Jawa barat Letjen purn Tayo tarmadi. “Semoga dengan adanya acara ini bisa membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat khususnya di kabupaten Karawang yang kita kenal dengan kota Pangkal Perjuangan,” tutup Ganjar.(dpn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, RSUD Karawang Jadi Rumah Sakit Rujukan Penyakit Khusus

Karawang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang terus berinovasi ...

%d bloggers like this: