Musim Hujan Tiba, Satgas Bencana Ditugaskan Tiap Kecamatan

Karawang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Karawang bersiap menghadapi potensi La-Nina. Selain banjir karena peningkatan curah hujan, La-Nina di Kabupaten Karawang juga berpotensi menimbulkan longsor, banjir bandang, dan angin puting beliung.

Kepala BPBD Karawang Yasin Nasrudin menuturkan, fenomena La-Nina juga memajukan musim hujan lebih awal dari seharusnya. “Harusnya sekarang ini sedang musim kering. Karena La-Nina, bulan Oktober sampai Desember hujan. Perkiraan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatogi, dan Geofisika), puncak musim hujan di Karawang kemungkinan sampai bulan Februari 2022,” katanya Yasin.

Menurutnya, banjir memang bakal merendam beberapa wilayah Karawang, namun tidak sampai berdampak parah. Bencana banjir diprediksi bakal terjadi pada Januari hingga Februari 2022.

“Bagian wilayah Indonesia seperti Sumatera dan Sulawesi yang bakal kena dampak banjir lebih parah karena La-Nina. Pulau Jawa tidak. Tapi kami harus tetap waspada pada potensi angin puting beliung,” kata Yasin menambahkan.

BPBD akan menyampaikan potensi La-Nina kepada para camat di Karawang. Ia juga bakal mengerahkan para Satgas BPBD di tiap kecamatan.

“Tetap waspada banjir terutama di wilayah yang jadi langganan banjir, termasuk wilayah yang berpotensi puting beliung,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...