Ini Kripik Nanas Buatan Petani Binaan Pupuk Kujang, Wisatawan Wajib Coba


SUBANG – Terkenal sebagai kota penghasil nanas, tak heran banyak warga yang mengolah buah satu ini menjadi oleh-oleh menarik, salah satunya keripik nanas yang wajib dibeli oleh wisatawan yang datang ke wilayah selatan Subang.

Seperti Efrizal Ali (53) salah seorang petani, warga Kampung Mekarsari RT 08/03, Desa Sarireja, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang binaan PT Pupuk Kujang ini berhasil mengolah buah nanas menjadi kripik nanas.

“Atas bantuan dari PT Pupuk Kujang, kita bisa memproduksi 6 kilo kripik nanas setiap harinya. Dari 120 kilo bahan mentah nanas, dipotong menjadi 6 kilo kripik siap edar,” katanya.

Wisatawan yang datang ke Subang, bisa mendapatkan kripik nanas di oulet disepanjang Jalan Cagak Subang, serta dibeberapa supermarket. “Bahkan kita punya outlet juga di Depok. Harganya, mulai dari 16 ribu saja, sampai 20 ribu,” tambah Ali.

Ali juga berterima kasih kepada pihak Pupuk Kujang, yang secara konsisten membina dan melatih para petani nanas di wilayahnya. Sehingga bisa menghasilkan nanas yang berkualitas dan bisa bersaing dipasaran.

“Sebelum mendapatkan pelatihan serta pembinaan dari PT Pupuk Kujang, kita para petani nanas ketika panen hanya bisa menghasilkan 20 ton, paling bagus 60 ton pertahun. Tapi setelah mendapatkan pelatihan serta pembinaan, hasil panen kita bisa mencapai 80 ton sampai 100 ton pertahun,” ungkapnya.

Hadirnya PT Pupuk Kujang ditengah-tengah petani nanas khususnya, menjadi kekuatan tersendiri bagi para petani. “Terimakasih PT Pupuk Kujang, sudah memberikan perhatian khusus bagi para petani nanas, sehingga petani nanas bisa maju dan sejahtera secara ekonomi,” tandasnya.(dpn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

1.904 Unit Rutilahu Siap Dibangun Tahun 2024

Karawang – Target pembangunan rutilahu di tahun 2024 sebanyak 1.904 ...