Ingin Mendapatkan Bantuan UMKM? Segera Ajukan Proposal ke Dinkopukm

Ilustrasi

Karawang – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang tengah menyiapkan anggaran 1 Miliar untuk membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Karawang dalam program unggulan tahun 2022.

Hal ini dilakukan untuk terus membantu para pelaku UMKM mengembangkan produk usahanya, setelah sukses pembuatan legalitas, kemasan produk, sampai pengembangan pemasaran.

Dari program unggulan di tahun 2022 tersebut rencana Pemkab Karawang melalui Dinkop UMKM sudah menganggarkan 1 Miliar berbentuk program bantuan alat. Anggaran diperuntukan bagi pelaku UMKM Karawang yang kemarin sempat terdampak pandemi. 

Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan, Penguatan dan Perlindungan Usaha Mikro ( P3UM ) Dinkopukm Kabupaten Karawang, Leoni Whisnuwardhani mengatakan, program tersebut untuk para UMKM yang sudah berjalan selama dua tahun. Program ini bertujuan mengembangkan para pelaku usaha yang memerlukan alat sebagai produksi usaha.

Dalam program ini di butuhkan 200 pelaku usaha dan masing-masing Rp 5 juta, cara nya dengan mengajukan proposal.

“Untuk program ini, kita akan seleksi pelaku UMKM. 150 untuk para wirausaha yang sudah berjalan dan 50 bagi wirausaha yang pemula,dan bentuk bantuan nya pun barang atau alat penunjang usaha,”ucapnya.

Adapun pelaku usaha ini yang terdiri dari;

  1. Industri Rumah Tangga ( Makanan & Minuman )
  2. Pedagang Keliling
  3. Pedagang Menetap
  4. Kerajinan
  5. Salon
  6. Fashion
  7. Percetakan
  8. Bengkel
  9. Fotografi

Persayaratan nya sebagai berikut ;

  1. Memiliki NIB ( Nomor Induk Berusaha )
  2. Minimal sudah berusaha di bidang nya sekurangnya 2 tahun
  3. Membuat proposal pengajuan kebutuhan alat penunjang produksi
  4. Bersedia mengikuti pelatihan Inovasi produk sebelum memperoleh bantuan alat penunjang produksi

Mengapa tidak berbentuk uang, Leoni Whisnuwardhani menegaskan, bantuan berbentuk alat sudah sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Karena ini bukan untuk pemula yang baru mulai usaha, tetapi yang sudah berjalan.

Lebih lanjut, nanti para UMKM mengajukan dengan proposal. Apa yang di butuhkan untuk penunjang produksi usaha, jadi pemerintah mensupport dalam hal pengembangan usaha mereka,”ujarnya

Cara mendaftarkan nya cukup datang ke kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang, lalu sertakan proposal nanti di tindak lajuti oleh tim verifikator.

Berharap dengan adanya nya program ini di tahun 2022, para pelaku UMKM di Kabupaten Karawang bisa terus berkembang dan siap bersaing di pasaran.”tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Penataran Pelatih, Juri dan Nayaga PPSI Karawang Upaya Melestarikan Budaya Seni Pencak Silat

Karawang – Penataran pelatih, juri dan nayaga yang diselenggarakan Persatuan ...