BPBD : Curah Hujan Masih Tinggi di Awal Tahun,Tetap Waspada

Karawang – Terdapat beberapa titik banjir di sejumlah wilayah Kabupaten Karawang. Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Kabupaten Karawang, H. Yasin Nasrudin menyebutkan, tiga kecamatan di wilayahnya terdampak banjir akibat curah hujan yang tinggi.

“Hari Rabu (19/1/2022) kemarin curah hujan tinggi sekali di daerah Rengasdengklok, Batujaya dan Tirtajaya. Ini diakibatkan karena curah hujan tinggi sehinga menjadi genangan air dan juga drainase yang tidak lancar karena ada penyumbatan di wilayah tersebut,” kata dia di Kantor BPBD Kabupaten Karawang, Kamis (20/1/2022).

Dia menambahkan, kabar terbaru pada kemarin sore telah ditindaklanjuti oleh pihaknya bersama UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karawang untuk melakukan penyedotan air.

“Alhamdulillah ada penurunan debit air yang menggenangi wilayah tersebut,” kata Yasin.

Dia merinci, di Kecamatan Rengasdengklok sebanyak dua desa di Desa Kertasarin dan Desa Rengasdengklok Utara dengan jumlah Kartu Keluarga (KK) 2.027 sebanyak 6.247 jiwa dan jumlah rumah 1.996.

Kemudian, lanjut Yasin, di Kecamatan Batujaya sebanyak 10 desa dengan jumlah rumah yang terdampak 7.238 dengan 9.104 KK dan jumlah jiwa sebanyak 26.394.

Adapun di Kecamatan Tirtajaya, terdapat tiga desa yang terdampak akibat banjir tersebut. Pada wilayah tersebut terdapat pula areal sawah yang terdampak dengan luas 260 hektare dan juga tambak lele seluas 5 hektare yang tergenang.

“Untuk areal sawah Alhamdulillah sudah melewati musim panen. Untuk sekarang masih hujan dan ketinggian 20 sampai 50 sentimeter, itu untuk sementara di wilayah Kabupaten Karawang ada tiga Kecamatan yang tergenang air,” tutur dia.

Yasin menuturkan, BPBD Kabupaten Karawang telah mengerahkan bantuan, khususnya berupa logistik kepada warga yang terdampak banjir di wilayah tersebut.

“Untuk pengungsian tidak ada karena warga setempat mengunsi di rumah sanak saudaranya, dan untuk bantuan sudah kami kirim dan diberikan berupa logistik seperti permakanan. Kemudian ini ada yang diminta Kecamatan Batujaya yakni dapur umum dan saya sudah koordinasi dengan Dinsos Karawang,” ujarnya.

Dengan adanya peristiwa ini, pihaknya mengimbau kepada warga, perangkat daerah kecamatan dan desa untuk tetap waspada terhadap curah hujan yang tinggi. Dia berharap di tahun ini 2022 tidak terjadinya banjir dan hanya genangan air.
(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakil Bupati Karawang Hadiri Acara Halal Bihalal Ikatan Penilik Indonesia

Karawang – Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh, SE menghadiri ...

%d bloggers like this: