Tokoh Pencak Silat Karawang Dianugerahi Gelar Bangsawan Keraton Surakarta Hadiningrat

Ketua Dewan Cabang SH Terate Kabupaten Karawang, Yuli Eko Prasetyo

Karawang – Keraton Surakarta Hadiningrat menganugerahi beberapa tokoh Persaudaraan Setia Hati Terate dengan gelar bangsawan Kanjeng Raden Tumenggung ( K.R.T ). Salah satunya adalah Ketua Dewan Cabang SH Terate Kabupaten Karawang, Yuli Eko Prasetyo. Penganugerahan tersebut dilaksanakan di Keraton Surakarta Hadiningrat pada, Sabtu 5 Maret 2022.

“Matur sembah nuwun ” ungkap K.R.T Yuli Eko.

Yuli Eko tidak pernah membayangkan akan diberi gelar dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Itu adalah suatu amanah dan Kepercayaan. Pria kelahiran Madiun yang disahkan menjadi pendekar tingkat I pada tahun 1998 dan Tingkat II pada tahun 2018.

“Ini tanggung jawab dan amanah bagi saya, semoga amanah untuk terus melestarikan budaya khususnya pencak silat dibawah Panji Persaudaraan Setia Hati Terate dapat saya lakukan dengan sebaik baiknya,” ujarnya.

Gelar Kanjeng Raden Tumenggung adalah gelar kehormatan yang diberikan Keraton Surakarta kepada tokoh dan pemimpin. Yang diyakini mampu berkarya dan melestarikan budaya serta menjaga keberagaman. Pada upacara penganugerahan gelar itu, Ketua Dewan Cabang SH Terate Kabupaten Karawang dan beberapa tokoh lain terlihat memakai beskap serta blangkon dan keris.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Hadiri Pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Jabar di Kabupaten Bekasi

Karawang – Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menghadiri pelaksanaan Pembukaan ...