Disparbud Kumpulkan Juru Pelihara Cagar Budaya,Ada Apa?

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang Yudi Yudiawan,SE

Karawang – Sebanyak 52 orang Jupel atau lebih dikenal (kuncen/red) Citus Cagar Budaya Karawang mengadakan silaturahmi di Aula Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang, pada Selasa 15/3/2022.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang Yudi Yudiawan,SE,MM.didampingi oleh Kepala Bidang Kebudayaan H.Firman Sopyan,SH,MM.

Diantara Citus Cagar Budaya di Kabupaten Karawang yang terkenal adalah Citus percandian Batujaya, Tugu Rengasdengklok, Makam Syech Quro, Makam Bupati Singaperbangsa dan yang lainnya.

Citus Citus Cagar Budaya yang ada di Kabupaten Karawang tersebar di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang. Kebanyakan yang menjadi Jupel dari 52 orang tersebut dari silsilah keturunan, kemudian disetujui oleh Desa/Kelurahan dan Camat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang, Yudi Yudiawan, SE MM mengatakan bahwa kami sengaja mengumpulkan seluruh Jupel yang ada di Kabupaten Karawang, karena ia selama menjabat di Disparbud ini baru kali ini bisa mengumpulkan para Jupel, karena selama dua tahun kita terhalang oleh situasi covid-19.

“Tujuannya adalah supaya para Jupel ini menjaga kebersihan lingkungan disekitar Citus tersebut dan tidak ikut ikutan ke dalam situasi politik supaya terjalin keharmonisan dan keamanannya. Selanjutnya Insya Allah saya akan berkunjung ke Citus Citus terutama yang ada jupelnya dulu setelah saya berkeliling mengunjungi sanggar sangar seni,” katanya.

Ditanya tentang jumlah Citus yang ada di Kabupaten Karawang,Yudi menjawab bahwa seluruhnya Citus Cagar budaya dan makom makom yang baru terdata di Kabupaten Karawang adalah sebanyak 103 Citus, kemudian yang ada jupelnya sebanyak 52 citus. Nanti kedepannya kita akan memeprifiikasi Citus Citus tersebut dan tidak semua Citus Cagar Budaya ada jupelnya.

“Yang mereka keluhkan dari para Jupel ini adalah infrasuktur jalan meenuju Citus Cagar budaya dan kita mendorong semua Jupel untuk mengajukan proposal ke PUPR untuk pengajuan infrastruktur jalan,”pungkasnya.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...