Angin Puting Beliung Terjang Pemukiman Warga di Kelurahan Mekar Jati

Karawang – Angin puting beliung menerjang Kelurahan Mekarjati di Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat Kamis (07/04/2022) Pukul 18.20 Wib. Fenomena alam ini terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang mengakibatkan sejumlah pemukiman warga mengalami rusak, mulai dari rusak ringan hingga rusak berat.


Menurut informasi dari rekan ~ rekan anggota Taruna Siaga Bencana Dinsos Kabupaten Karawang terdapat beberapa rumah terdampak dengan rincian 1 rumah rusak berat serta beberapa rumah rusak ringan akibat fenomena angin puting beliung ini.
Merespons kejadian ini, Dinas Sosial Kabupaten Karawang melalui Kasie Linjamsos Dani Sonjaya Aks.MM didampingi tim dari TAGANA telah mendatangi lokasi untuk melakukan assesment dan penanganan darurat, seperti evakuasi warga, kaji cepat dan melakukan koordinasi lintas instansi.


Paska kejadian pihak Dinas Sosial Kabupaten Karawang memantau kondisi cuaca yang masih mendung dan berpotensi hujan. Selain itu, tim gabungan dan masyarakat setempat bergotong royong untuk melakukan pembersihan di lokasi bencana.
Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan wilayah Kabupaten Karawang masih berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang hingga Minggu (10 /04/2022).


Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca yang memicu terjadinya bahaya hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang. Masyarakat juga dapat memantau informasi prakiraan cuaca melalui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta memeriksa potensi bencana disekitar wilayah.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Buruan Daftar ! KPU Rekrutmen PPK dan PPS Pilkada Karawang

KARAWANG – Pemilihan Kepala Daerah akan memasuki tahapan seleksi untuk ...