Jalur Mudik Rawan Kriminal, Kapolres Melakukan Pantauan Lokasi

Polres Karawang mulai mempersiapkan sejumlah titik yang dianggap rawan kemacetan

Karawang – Persiapan mudik tahun 2022, Polres Karawang mulai mempersiapkan sejumlah titik yang dianggap rawan kriminal. Bahkan, Kapolres melalukan pemantauan jalur mudik di Jalan Lingkar Tanjungpura-Klari pada Senin (11/4/2022).

Pasalnya, hal itu setelah Pemerintah Pusat memberi sinyal bakal memperbolehkan masyarakat pulang kampung saat liburan lebaran nanti.

“Di wilayah Kabupaten Karawang saat ini terdapat tiga jalur mudik yakni jalan tol, jalan arteri, dan jalan alternatif. Ke tiga jalur itu bakal difungsikan maksimal agar prosesi mudik berjalan lancar dan nyaman,” kata Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono, wartawan.

“Ada beberapa opsi pengaturan lalu-lintas yang kami siapkan saat musim mudik nanti. “Apabila jalur alteri penuh, maka kami akan buka ruang di jalur alternatif,” kata Aldi Subartono.

Sementara di jalur tol akan diberlakukan contraflow saat terjadi penumpukan kendaraan dalam satu lajur atau satu arah. Namun sebagai langkah awal, Kapolres bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan melakukan survei kelayakan jalan dan pendukungnya hingga ke jalur alternatif pada pekan ke tiga bulan Ramadhan.

“Kami akan survei kondisi jalur arteri dan jalur-jalur alternatif hingga ke perbatasan Kabupaten Subang,” kata Aldi.

Adapun untuk jalur tol, Aldi masih menunggu arahan dari pemerintah pusat dan Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Untuk jalur alternatif menuju Bandung melalui Kosambi – Curug – Purwakarta sedang ada perbaikan. Hal itu terlihat dari unggahan instagram Gubernur Jawa Barat perihal jalan – jalan provinsi yang akan diperbaiki.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

1.500 Peserta Festival Sampah Ramaikan Hari Pendidikan Nasional

KARAWANG – Momen Hari Pendidikan Nasional, Persatuan Bank Sampah Sekolah ...