RSUD Karawang Soft Launching Layanan MCU Drive THRU Terpadu

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang

Karawang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang telah melaksanakan soft launching pembukaan layanan MCU Drive Thru Terpadu.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang memiliki layanan drive thru bagi masyarakat. Layanan tersebut bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam pemeriksaan kesehatan. Pelayanan drive thru hanya bisa digunakan bagi pemeriksaan MCU laboraturium saja. Kegiatan tersebut telah selesai dilaksanakan soft launching pada Selasa (12/4/2022). Sebelum dilakukan soft launching telah dilakukan uji coba terlebih dahulu.

“Hari ini kita melakukan kegiatan soft launching drive thru untuk pemeriksaan MCU termasuk di dalamnya PCR dan Antigen. Layanan ini dibuka dua puluh empat jam. Baru kemarin kita melaksanakan uji coba. Tujuannya kita ingin mempermudah masyarakat dalam pemeriksaan kesehatan,” ujar Andi Senjayani, Kepala Bagian Humas RSUD.

Terdapat enam paket pemeriksaan MCU yang telah disediakan. Paket A untuk pemeriksaan gula darah sewaktu, colesterol total, asam urat dengan harga sebesar 51.500. Paket B pemeriksaan ureum, gula darah sewaktu, darah lengkap, creatinin, SGOT, SGPT, HBsAG sebesar 152.000. Paket C pemeriksaan SGOT, SGPT, asam urat, golongan darah, ureum, HBsAG, creatinin, bilirubin total, protein total, golongan darah sewaktu, darah lengkap sebesar 213.500. Paket D pemeriksaan SGOT, SGPT, asam urat, golongan darah, ureum, HBsAG, creatinin, bilirubin total, protein total, golongan darah sewaktu, darah lengkap, bilirubin indec, gula darah dua jam PP, albumin, colesterol total, HDL Colesterol, LDL Colesterol, urine lengkap, trigliserida sebesar 356.000. Paket E melayani pemeriksaan troponin T, HDL Colesterol, LDL Colesterol, CKMB, trigliserida, gula darah puasa sebesar 337.500.

Ia melanjutkan jika pelayanan MCU akan dilengkapi kembali. Kemudian akan di berikan pelayanan telemedicine bagi masyarakat. Sistemnya dokter mengarahkan pemeriksaan di laboraturium. Selanjutnya masyarakat dapat langsung pemeriksaan MCU secara drive thru. Hasil akan diberikan satu hari setelah proses pemeriksaan.

“Kita akan melengkapi jenis MCU ke depannya dan dipadukan dengan telemedicine. Dokter menyarankan pemeriksaan di lab nah pemeriksaannya bisa drive thru nanti hasilnya akan diberitahu melalui telemedicine lagi. Hasil keluar sehari setelah MCU dan bisa dikirim melalui whatsapp serta email,” ungkapnya.

Ia pun memaparkan akan ditambah pula bagi pelayanan treatmil. Selanjutnya akan disediakan pemeriksaan rontgen bagi masyarakat. Hal ini terkendala di alat dan lokasi saat pemeriksaan. Belum terdapat jumlah pembatasan kuota masyarakat drive thru. Pendaftaran dapat langsung dilakukan di rumah sakit serta link pendaftaran.

“Pemeriksaan untuk yang bisa drive thru sekarang masih terbatas. Ke depan akan dilengkapi dengan pemeriksaan rontgen, treatmill. Nah itu yang kemungkinan masih belum bisa karena kalau rontgen sendiri kan harus ada ruangan dan alat kalau mobile pun harus ada mobil dengan fasilitas rontgen,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...