Word of Coffee Italia, Dinkop Harapkan UKM Kopi Karawang Mengikuti Seleksi

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkopukm) Karawang

Karawang – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkopukm) Kabupaten Karawang mengajak para pelaku UKM khususnya yang memproduksi kopi asal Karawang untuk mengikuti seleksi kopi terbaik asal Jawa Barat yang nantinya akan dipromosikan pada ajang World of Coffee di Milan, Italia.

“Jadi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jawa Barat diundang untuk acara tersebut di Milan Italia, dan saat ini sedang ada seleksi untuk seluruh kopi yang ada di Jawa Barat, kopi di Jawa Barat kan sudah lumayan banyak, kemarin kami sudah tanyakan ke sana, untuk Karawang bisa masuk tidak. Mereka bilang bisa asal memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan oleh provinsi,” ujar Kepala Dinkopukm Kabupaten Karawang, Ade Sudiana, Selasa (17/5/2022).

Dia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Asosiasi Petani Kopi Indonesia (APEKI) Karawang agar nantinya bisa ikut serta dalam mensosialisasikan sekaligus bisa mengirimkan produk kopi asli asal Karawang.

“Pihak kita sudah koordinasikan ke pihak APEKI Karawang untuk dapat ikut serta ke kontes tersebut, jadi sistemnya pertama kali itu peserta mendaftar secara online lalu kasih satu kilogram grean bean ke panitia seleksi yang ada di sana untuk masuk ke lab dan di cek kandungannya, jika lolos seleksi dia bawa lima kilogram, itu yang nantinya akan dibawa ke Milan, itu free of charge, jadi biaya ditanggung sama Diskuk Jabar,” paparnya.

Dia menjelaskan, kopi yang dikirimkan bisa berjenis kopi arabika, robusta maupun liberika yang dibudidayakan di wilayah Provinsi Jawa Barat.

“Di Karawang sebenarnya banyak UKM yang produksi kopi, kita berharap ada yang dari Karawang yang bisa lolos seleksi dan bisa ikut ke sana (Milan, Italia), karena kesempatannya ini event kopi dunia ya, sekaligus bisa mengenalkan produk Karawang ke mancanegara,”pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Terkesan Ekslusif, Ketua PDI Perjuangan Sentil Sikap Cellica Nurrcahadiana

Taufik Ismail, Ketua PDI Perjuangan Karawang – Sekretaris Komisi I ...

%d bloggers like this: