Komisi I DPRD Karawang Kunjungan ke Disdukcapil

Karawang – Komisi I DPRD Kabupaten Karawang melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dalam kegiatan tersebut, DPRD minta agar adanya efektivitas pelayanan pembuatan e-KTP serta konsolidasi dan keamanan data kependudukan.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Karawang, Budianto menuturkan, pihaknya sudah melakukan kunjungan kerja ke tiga instansi terkait, kegiatan tersebut sebagai agenda rutinitas Komisi I.

“DPMD, DPMTSP dan Disdukcapil dalam rangka kunjungan kerja dalam Kabupaten”, kata Budianto, Kamis (02/06/2022)

Dalam kunjungannya ke Disdukcapil, Komisi I ingin mengetahui bagaimana pelayanan pembuatan e-KTP seperti perpindahan identitas. Jika dari luar Karawang masuk ke Karawang harus lampirkan hasil kesehatan rapid test. Apakah ini berlaku nasional atau hanya di Karawang?

Selanjutnya perekaman KTP. Di kecamatan sudah bisa rekam, ia harap tidak hanya perekaman saja, tapi kecamatan bisa mencetak KTP. Jangan masyarakat yang membuat dari kecamatan kemudian datang ke kota memerlukan biaya, karena bolak balak akhirnya mengenakan biaya ke masyarakat. Tidak hanya rekam tapi sudah bisa di kecamatan mencetak.

Sementara itu Rosmilah, dalam pembuatan KTP Disdukcapil agendakan rekam KTP mendatangi masyarakat. Pasalnya kesadaran masyarakat masih kurang. Contohnya lanjut usia buat KTP sulit mendatangi tingkat kecamatan. Anak-anak muda juga belum rekam KTP. Sarankan perekaman ini prioritaskan desa jauh dari kecamatan.

“Banyak di wilayah perkampungan bayak belum perekaman KTP. Misalnya dari Pakisjaya, Cibuaya,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tegas ! Dishub Bakal Tilang dan Gembok Kendaraan Parkir Liar

KARAWANG – Pemilik kendaraan yang melakukan parkir liar maka akan ...