Info UMKM : Mau Dapat Bantuan? Ini Syaratnya

Wakil Bupati Karawang H. Aep Syapulloh,SE

Faktajabar.co.id – Adanya pemberian bantuan sebanyak satu miliar berupa fasilitas bagi pelaku UMKM agar mengembangkan produk.

Pada Senin (6/6/2022) Aep Syaepulloh, Wakil Bupati Kabupaten Karawang memaparkan bahwa target pemerintah daerah pemberian bantuan pada tahun 2022 berupa fasilitas. Selain itu bertujuan agar memberikan edukasi kepada pelaku umkm. Ia memberikan contoh seperti pemberian gerobak, steam motor, tempat service ac.

“Targetnya ini kita tidak membagikan uang seperti dulu. Kebijakan yang baru bahwa ingin memberikan edukasi kepada pelaku usaha kecil dengan memberikan fasilitas,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa akan berfokus di dua puluh lima desa miskin ekstrim. Kemudian ia melanjutkan hanya sebesar enam puluh persen dana akan disalurkan. Bagi desa yang mengajukan proposal bantuan anggaran, namun tidak memiliki perkumpulan umkm maka tidak akan diberikan anggaran tersebut.

“Salah satu yang diinginkan oleh bupati untuk mengangkat dua puluh lima desa tersebut. Tapi dana tidak hanya untuk dua puluh lima desa itu. Minimal enam puluh persen akan disalurkan. Kalau misalkan ada perkumpulan pelaku umkm pembuat kue, maka pemerintah akan menyediakan oven supaya bisa produksi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa setelah pengajuan proposal, kemudian dinas koperasi akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Ia menambahkan bahwa sementara akan diberikan sebanyak satu milliar. Melanjutkan jika di tahun berikutnya akan ada kemungkinan terdapat tambahan jumlah anggaran.

“Salah satu syaratnya itu proposal dari desa masing-masing. Setelah itu kan akan dilakukan verifikasi oleh dinas koperasi. Sementara untuk tahun sekarang baru satu milliar untuk sarana dan prasarananya,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dinkes Catat 655 Kasus DBD, 2 Anak Meninggal Dunia

KARAWANG – Dinas Kesehatan Karawang melakukan penyelidikan epidemiologi sebagai salah ...