Pemkab Karawang Terima Penghargaan Capaian Produksi Padi Kedua Tertinggi Nasional

Karawang – Kabupaten Karawang meraih Penghargaan Kinerja Pemerintah Daerah sebagai daerah dengan produksi padi tertinggi secara nasional peringkat kedua setelah Indramayu dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI. 

Penyerahan tersebut dilakukan oleh Menteri Pertanian R, Syahrul Yasin Limpo,  kepada Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana dalam acara Tasyakuran dan Penyerahan Penghargaan Pertanian 2022 di Lapangan Upacara, Kementerian Pertanian RI, Jakarta, Minggu, (14/8/2022).

Dalam sambutannya Mentan RI Prof. Dr. Syahrul Yasin Limpo mengatakan sangat mengapresiasi kinerja jajaran Kementan, Gubernur, Bupati dan para petani atas capaian ini. Karena kontribusi dari berbagai daerah ikut berperan dalam upaya Pemerintah Pusat menekan impor beras sejak 2019-2021 sehingga mendorong negara ini mendapatkan penghargaan yang luar biasa. 

“Ini bukan hari biasa, karena hari ini kita berhasil mengulang kejayaan bangsa 36 tahun lalu. Hari ini International Rice Research Institute (IRRI) memberikan Penghargaan kepada Presiden Joko Widodo karena berhasil melakukan swasembada beras. Ini juga berkat kerja keras Jajaran Pertanian, Gubernur/Bupati dan para petani,” ujar Mentan dalam siaran pers yang diterima RRI, Minggu (14/8/2022).

Menurut Syahrul, penghargaan ini bukan abal-abal namun sangat prestisius karena lembaga IRRI yang menjustifikasi langsung bahwa ketahanan pangan Indonesia adalah ketahanan pangan terbaik di dunia. Namun keberhasilan ini menurutnya tak boleh membuat semua yang terlibat cepat berpuas diri. 

“Penghargaan ini mencambuk kita untuk tidak bangga dan tidak puas. Jangan kebanggaan kota hanya sampai disini tapi harus dipertahankan, dikonsepsikan dan programkan agar terstimulasi menjadi tantangan sehingga anak cucu kita bisa ikut merasakan hasilnya,” imbuh Mentan yang akrab disebut SYL tersebut. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Kujang Siap Bantu Petani Tingkatkan Produksi Beras Nasional

KARAWANG – Menjelang berakhirnya musim tanam rendeng atau penghujan, Pupuk ...