Generasi Muda Harus Ingat Sejarah & Lanjutkan Perjuangan Pahlawan

Jiwa Nasionalisme Pemuda Karawang

Karawang – Komunitas memaknai kemerdekaan sebagai kebebasan dari penjajahan dan memiliki jiwa nasionalisme.

Guntar Mahardika, Ketua KNPI mengungkapkan para pemuda saat ini sudah mulai berkurang jiwa nasionalisme. Ia memaknai kemerdekaan ini dengan mengingat perjuangan pahlawan. Selain itu sebagai penerus bangsa, dapat melanjutkan perjuangan yang telah dilakukan oleh pahlawan

“Generasi muda harus ingat dengan sejarahnya dan melanjutkan perjuangan para pahlawan,” ujarnya pada Rabu (17/8/2022).

Ia menambahkan akan memberikan edukasi kepada generasi muda. Ia mengutamakan pengamalan Pancasila di kehidupan sehari-hari. Akan melakukan kolaborasi dengan eksekutif Kabupaten Karawang. Ia mengungkapkan kembali, agar Pancasila dapat diamalkan di kehidupan sehari-hari.

“Penanaman Pancasila untuk sekarang di anak-anak juga masih kurang. Harapannya, supaya Pancasila dapat dijadikan lifestyle,” sambungnya.

Lukman Nur Hakim Iraz, Ketua DPC Pemuda Panca Marga memaknai kemerdekaan sebagai kebebasan dari segala bentuk penjajahan. Organisasi ini berisi anggota yang merupakan keturunan dari para pahlawan. Ia merasa sedih dengan keadaan veteran yang masih memiliki kehidupan yang belum dijamin oleh pemerintah. Ia memiliki harapan agar pemerintah daerah dapat memberikan jaminan kehidupan bagi veteran.

“Kami merasa prihatin dengan kondisi ayahanda yang belum memperoleh jaminan kehidupan dari pemerintah. Masih banyak ekonomi para veteran yang masih lemah,” ungkapnya.

Ia melanjutkan akan melakukan perjuangan untuk memperoleh hak bagi para veteran. Salah satu bentuknya yakni kesehatan, tunjangan masa tua. Ia bercermin di pemerintah pusat, veteran memperoleh pembebasan pembayaran PBB. Selain itu anak veteran pun diberikan pendidikan.

“Kami berjuang sampai saat ini supaya mereka mendapat perhatian. Misalnya dari segi kesehatan, tunjangan masa tua. Meskipun mereka ikhlas, tapi kita sebagai generasi penerus wajib memberikan jaminan hidup,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rayakan Hari Kartini Lira Medika Gelar Family Festival di Resinda Park Mall

KARAWANG-Momen Hari Kartini 21 April 2024 lalu digunakan Rumah Sakit ...