Pelatihan Penggunaan Metode Clustering untuk Mengidentifikasi Karakteristik Siswa

Karawang – Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang Clustering merupakan metode yang digunakan untuk mempartisi data/objek kedalam kelompok-kelompok yang disebut cluster. Cluster sendiri yaitu kumpulan objek yang dikelompokkan berdasarkan kemiripan antar objek.

Pelatihan metode clustering pada Sabtu 3 September 2022 pukul 10.00 s.d 13.00 WIB ini diikuti oleh para guru sekolah dasar yang ada di desa Karanganyar kecamatan Klari kabupaten Karawang. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 25 orang yang sebagian besar adalah guru, mereka semuanya terlihat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Adapun pelatihan ini diselenggaran oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Singaperbangsa Karawang kerjasama dengan SDN Karanganyar 01 Karawang dan desa Karanganyar.


Pada kegiatan tersebut, Dr. Mokhammad Ridwan Yudhanegara, selaku pembicara, memaparkan pentingnya metode clustering menggunakan k-means untuk mengidentifikasi karakteristik siswa berdasarkan data yang ada.

“Para guru secara mudah dapat mengidentifikasi kondisi siswa dengan berbagai macam karakteristiknya. Misalnya cluster tingkat rendahnya kemampuan matematis siswa (contohnya cluster kemampuan rendah, sedang, dan tinggi), serta keadaan ekonomi siswa (contohnya cluster kategori masyarakat sejahtera, menengah, dan prasejahtera)”, ujar pak Ridwan.

Kegiatan ini mendapatkan banyak dukungan dari para guru yang hadir di SDN Karanganyar 01. Salah satu peserta mengungkapkan bahwa pelatihan dapat membantu pihak sekolah mengetahui kelompok siswa berdasarkan aspek kognitif, dan kondisi ekonomi keluarganya.

Selain itu, momen pelatihan ini juga bisa membantu integrasi data antara pihak sekolah dengan pihak desa, serta LPPM Universitas Singaperbangsa Karawang. Secara keseluruhan kegiatan pelatihan ini diselenggarakan dengan sukses dan lancar.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Hadiri Pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Jabar di Kabupaten Bekasi

Karawang – Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menghadiri pelaksanaan Pembukaan ...