Ekskul Basket SMPN 6 Karawang Barat Berhasil Juara Turnamen Tingkat Kabupaten

Karawang – Ekstrakulikuler basket SMPN 6 Karawang Barat telah memperoleh juara utama putri dalam turnamen tingkat SMP di wilayah IV. Kemudian untuk tim putra memperoleh juara kedua. Andi Maulana, pelatih basket menyatakan hal utama yang harus diperhatikan yakni disiplin. Selanjutnya fokus dan motivasi dalam menerima materi.

“Pertama tentu disiplin soal waktu latihan, kedua penerimaan materi yang mereka dapat dan memiliki motivasi,” ujarnya pada Sabtu (17/9).

Ia mengungkapkan kembali selama proses latihan seluruh anggota mengalami kesulitan. Teknik dasar yang harus dikuasai yakni drible, passing, shooting, ribbon, pipot. Ia menyatakan teknik pipot merupakan gerakan perpindahan tempat dengan satu poros. Gerakan tersebut berfungsi untuk menghindari lawan.

“Pada saat mereka dribble ada lawan di hadang dan memindahkan bola. Gerakan ini penting untuk dapat menghindari dan mengecoh lawan,” tambahnya.

Ia mengungkapkan seluruh anggota dari kelas 7 ada 30 orang, kelas 8 sebanyak 30 orang dan kelas 9 sebanyak 10 orang. Ia memiliki harapan agar dapat diadakan banyak turnamen. Hal ini bertujuan agar meningkatkan motivasi pelatih dan atlit. Ia memberikan materi dan praktek saat proses latihan.

“Alhamdulillah anggota kita ada 70 orang kalau sekarang. Kita bukan hanya praktek aja, tapi ada juga materi saat istirahat materi diberikan,” imbuhnya

Dafina Amalia Putri, anggota basket kelas 8 menyatakan ia memilih ekskul tersebut dikarenakan memiliki cita-cita sebagai atlit basket. Selama mengikuti ekskul ia telah mewakili sekolah dalam turnamen yang diadakan. Ia memiliki harapan agar ekskul dapat lebih ditingkatkan. Saat awal latihan ia pernah memiliki rasa takut terkena bola. Ia mengatasi rasa takut itu dengan terus berlatih.

“Pernah di turnamen antar sekolah dan klub tingkat Kabupaten,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Layanan Vaksin Rabies Hewan Peliharaan Gratis

Karawang – Dalam rangka Hari Jadi Karawang ke-389, Pemerintah Kabupaten ...

%d bloggers like this: