Komunitas Tanggap Peduli Siapkan Ketahanan Pangan

Petani timun

Karawang – Komunitas KTP telah menyiapkan ketahanan pangan bagi masyarakat Desa Sukaharja, Perumnas

Asep Mulyana, ketua Komunitas Karawang Tanggap Peduli (KTP) telah memulai pembibitan tanaman cabai, tomat, timun, ubi jalar, obat-obatan jahe. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai salah satu upaya dalam menciptakan ketahanan pangan di masyarakat sekitar. Proses ini telah dilaksanakan sejak satu bulan lalu. Awal mula diadakan dikarenakan telah terdapat krisis pangan di Amerika, Eropa.

“Kita berawal dari negara-negara di Amerika sebagian Eropa mulai mengalami krisis pangan yang dapat menjadi ancaman akhirnya kita membuat pembibitan 5 jenis tanaman sebanyak 2500 bibit,” ujarnya pada Jumat (16/9).

Ia menambahkan konsep tersebut yakni setiap rumah diberikan 3 bibit pohon yakni tanaman untuk kebutuhan dapur, sayur-sayuran, umbi-umbian. Tanaman tersebut telah diletakkan dalam polyback. Ia melanjutkan tujuan selanjutnya yakni agar masyarakat dapat memulai berkebun.

“Konsepnya kita bagikan di lingkungan terdekat, satu rumah kita kasih 3 bibit pohon. Satu tanaman untuk kebutuhan dapur, sayur mayur, umbi. Kita kasih dalam polyback besar,” tambahnya.

Ia melanjutkan bagi masyarakat yang tidak memiliki waktu dan malas untuk menyiram tanaman, anggota KTP telah menyiapkan satu botol air mineral diberikan sumbu dari kain bekas. Kemudian botol tersebut di isi dengan air. Ketersediaan air itu akan bertahan selama 1 bulan.

“Ada beberapa warga yang malas nyiram dan tidak ada waktu, kita kasih alternatif dengan memotong botol air mineral dan diberikan sumbu dari kain bekas lalu di isi air. Airnya cukup diganti 1 bulan sekali kalau ada air hujan jadi tidak perlu mengisi air lagi,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...