Doni Herdaru Animal Defenders, Sosok Pahlawan bagi Kucing dan Anjing Terlantar

Pahlawan bagi Kucing dan Anjing

Faktajabar.co.id – Mungkin tidak banyak orang yang mengenal Doni Herdaru Tona. Namun sosok yang satu ini sangat berjasa terutama menyelamatkan kucing dan anjing yang terlantar di jalanan.

Doni rutin menyelamatkan kucing dan anjing yang terlantar maupun dalam keadaan sakit. Kucing dan anjing tersebut kemudian ditampung di sebuah rumah singgah (shelter) yang diberi nama Animal Defenders, dibangun Doni di kawasan Parung Bogor, Jawa Barat.

Saat ini di shelter Animal Defenders terdapat 50 hingga 60 ekor kucing dan 220 ekor anjing. Doni beserta timnya Animal Defenders Indonesia merawat mereka dengan kasih sayang yang tulus.

Ada cerita menarik saat Doni membangun shelter di Parung Bogor. Awalnya daerah tersebut adalah empang.

Doni sempat kebingungan bagaimana caranya mengubah empang menjadi shelter. Dengan satu keyakinan bahwa “Semua Bisa Dibenahi” akhirnya Doni bisa membangun shelter.

Sekarang, berkat bantuan masyarakat Indonesia lewat BenihBaik, Doni sudah berhasil membangun pendopo yang bisa digunakan untuk teman-teman kaki empat tidur. Mereka bisa memiliki tempat untuk berteduh dari panas dan hujan meski tempat tersebut masih jauh dari ideal.

“Kami semua di sini merasakan manfaat yang sungguh berarti dari BenihBaik sebab di sini semua suportif membantu kami. Bahkan sebelum ini semua dimulai, saya sudah ditawari bantuan. Sejauh ini pun membuat campaign di BenihBaik mudah, untuk pencairannya pun mudah dilakukan,” ungkap Doni, Sabtu (17/09/2022).

Tidak hanya menjadi tempat singgah kucing dan anjing terlantar, shelter yang dibangun Doni kini semakin sering dikunjungi oleh masyarakat. Mereka biasanya bermain dengan kucing dan anjing bahkan alasan sebagian masyarakat mengunjungi shelter tersebut untuk kebutuhan healing.

Di shelter tersebut, Doni juga membuka layanan medis atau pengobatan bagi masyarakat yang memiliki kucing dan anjing dalam keadaan sakit. Harapan Doni, shelter Animal Defenders ini bisa menjadi bermanfaat baik itu untuk kebutuhan rescue, rehabilitasi, rehome, dan edukasi.

“Teman-teman di luar sana yang butuh pelarian dari masalah hidup atau healing bisa datang ke sini dan bermain-main bersama para anjing dan kucing. Dengan harapan mereka yang datang akan menemukan setitik kebahagiaan,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sinergitas BUMN dan UMKM, DaengMuhammad : Ciptakan Masyarakat Sejahtera serta Laju Pertumbuhan Ekonomi 

Karawang – Anggota DPR RI Komisi VI, H.Daeng Muhammad, minta ...

%d bloggers like this: