Dosen Unsika Melakukan Pelatihan Assessment Pada Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika

Karawang – Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) dalam rangka pelaksanaan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu melakukan pengabdian kepada masyarakat, terjun ke lapangan untuk melakukan kegiatan pelatihan assesment pada kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika kepada para guru sekolah dasar di Desa Curug. Tema yang diusung dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membangun desa Curug menuju desa yang melek literasi, numerasi, science, dan teknologi.

Tujuan dilakukannya pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan guru-guru sekolah dasar dalam membuat assessment yang dapat mengukur capaian pembelajaran diakhir kegiatan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Terkait hal ini, Dr. Iyan Rosita Dewi Nur S. Pd., M. Pd beserta tim pengabdian dan juga mahasiswa KKN UNSIKA melakukan program pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan solusi terkait atas keluhan dan kesulitan yang selama ini dirasakan oleh para guru sekolah dasar di desa curug.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 15 September 2022 yang bertempat di Aula desa Curug, kecamatan Klari, kabupaten Karawang. Adapun pemateri yang hadir dalam pelatihan ini diantaranya Dr. Iyan Rosita Dewi Nur, M.Pd selaku Dosen Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang yang berkolaborasi dengan salah satu dosen dari IKIP Siliwangi yaitu Dr. Anik Yulian M.Pd.

Kegiatan ini dilakukan dengan adanya pemaparan materi dari kedua pemateri mengenai strategi pembelajaran Matematika serta bagaimana membuat assessment dalam pembelajaran matematika yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kurikulum.

Selama kegiatan berlangsung, kegiatan ini diwarnai dengan diskusi dan tanya jawab yang sangat berbobot dan menarik dimana para peserta begitu antusias untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait soal-soal bagi anak usia sekolah dasar.

Respon positif dari para peserta ini menunjukkan bahwa apa yang disampaikan oleh pemateri merupakan sesuatu yang menarik bagi para peserta pelatihan.
Perwakilan guru Sekolah Dasar di Desa Curug mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan dengan adanya pelatihan ini semoga bisa menjadi acuan bagi guru – guru Sekolah Dasar di Desa Curug untuk menjadikan Pendidikan di Desa Curug menjadi lebih baik lagi.

Selain di ikuti oleh guru – guru Sekolah Dasar di Desa Curug, kegiatan pelatihan juga di ikuti oleh perwakilan mahasiswa yang juga sedang melaksanakan KKN di Desa Curug.

“Saya merasa beruntung karena diberi kesempatan untuk menghadiri pelatihan terutama saya mendapatkan ilmu baru terutama tentang pembelajaran matematika karena background saya dari pertanian” ucap Indah Khairunisa sebagai salah seorang wakil mahasiswa yang mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Sementara Patriot JABAR Desa Curug Bapak Abdul Kosim Nurseha, S.Pd menyampaikan terima kasih kepada Tim pengabdian kepada masyarakat dan Kelompok 1 KKN Desa Curug karena telah membuat kegiatan yang sangat bermanfaat untuk guru – guru Sekolah Dasar di Desa Curug.

Dalam menutup materi pelatihannya, Dr. Iyan Rosita Dewi Nur, M.Pd menekankan bahwa matematika yang dipelajari oleh siswa yaitu bertujuan untuk membentuk pola pikir yang logis, sistematis, kritis dan cermat yang pada akhirnya dapat digunakan untuk kepentingan hidupnya sehari-hari, dan dapat digunakan untuk digunakan untuk mempelajari ilmu-ilmu yang lain. Selain itu, Dr. Anik Yuliani, M.Pd memberikan kesimpulan bahwa pada kurikulum yang saat ini digunakan, guru diharapkan memberikan proporsi lebih banyak pada pelaksanaan asesmen formatif daripada menitikberatkan orientasi pada asesmen sumatif. Dengan hal tersebut dapat menggambarkan bahwa proses perolehan pengetahuan lebih penting daripada hasil akhir belajar saja.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hore.. Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama Islam Dapat Bantuan, Cek Nih Persyaratannya

KARAWANG – Ada 10 jenis bantuan yang akan diberikan dari ...