Ekskul Paskibraka SD Negeri Palumbonsari IV Berhasil Capai Prestasi di Lintas Provinsi

Karawang – Ekstrakulikuler paskibraka SD Negeri Palumbonsari IV, Kecamatan Karawang Timur telah berhasil memperoleh prestasi di tingkat Provinsi dan lintas Provinsi. Nining Rusminar, Kepala Sekolah SD Negeri Palumbonsari IV menyampaikan ekskul tersebut menjadi ekskul yang paling diandalkan. Ia melanjutkan latihan dilakukan sebanyak 2 kali dalam 1 bulan.

“Kami sudah menjuarai di tingkat provinsi dan lintas provinsi. Kalau yang lintas Provinsi itu di Pulau Jawa dan Sumatera memperoleh juara utama. Latihannya itu dua minggu sekali jadi satu bulan hanya dua kali,” ujarnya pada Rabu (28/9).

Ia menyampaikan kendala yang dialami yakni menempa mental anak-anak. Setelah mental telah terbentuk, maka akan dilanjutkan dengan latihan fisik. Ia melanjutkan pada Desember 2022 akan mengikuti perlombaan di tingkat provinsi.

“Khusus untuk paskib itu kita memerlukan mental dan fisik yang kuat. Kemudian juga kedisiplinan, karena saat mengikuti penampilan atau kompetisi latihan dapat dilakukan satu hari satu kali,” tambahnya.

Riamansyah, pelatih ekstrakulikuler paskibra SD Negeri IV Palumbonsari menyampaikan saat pemilihan anggota diadakan seleksi terlebih dahulu. Kemudian mengadakan rapat dengan orangtua. Hal ini bertujuan untuk membangun kerjasama antara orangtua dengan sekolah untuk melakukan program kegiatan.

“Dari awalnya kita melakukan seleksi, kemudian diadakan rapat dengan orangtua untuk menjalin kerjasama dalam mempersiapkan seglaa kegiatan yang akan dilakukan,” ungkapnya.

Ia memberikan buku materi tentang bari berbaris kepada setiap anggota berdasarkan usia. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses latihan. Ia memaparkan kembali total seluruh anggota sebanyak 48 siswa dan terbagi dalam 3 tim. Ia memiliki harapan agar ekskul tersebut dapat lebih meningkatkan prestasi.

“Disini kan sesuai dengan tingkatan umur mereka, kita berikan buku panduan berdasarkan umur selain itu juga diterapkan sistem kekeluargaan,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

20 Tahun Terdampak, Ratusan Massa Geruduk Depo BBM Fuel Terminal Cikampek Menuntut Direlokasi

Karawang – Merasa terzolimi akibat dampak lingkungan. Ratusan massa Dusun ...