Ekskul Sains Club Melakukan Penanaman Holtikultura di Sekolah

Karawang – SMA Negeri 4 Karawang terdapat ekstrakulikuler sains club. Dalam ekskul ini terbagi dalam beberapa bidang seperti biologi, fisika, sastra Jepang, kimia, matematika. Ia melanjutkan untuk bidang biologi melakukan kegiatan berupa pengembangan pertanian holtikultura. Hasil dari pertanian ini kemudian di jual.

“Di ekskul ini terbagi 5 bidang di dalamnya dan setiap bidang memiliki kegiatan masing-masing. Misalkan biologi, mereka melakukan pertanian holtikultura. Menanam kangkung di pipa, nanti hasilnya dijual dan uangnya masuk ke dalam kas,” ujar Meli Agustin, pembina ekskul sains club ada Selasa (4/10).

Anggaran penanaman berasal dari pihak sekolah. Siswa menyerahkan proposal pengajuan. Kemudian anggota akan mencari bahan dan peralatan untuk penanaman tersebut.

“Dana disediakan oleh sekolah kemudian diserahkan ke BPH utama. Selanjutnya mereka mengolah sendiri mulai dari pembelian bibit sampai penanaman,” tambahnya.

Kemudian untuk bidang fisika dan kimia melakukan kegiatan praktek di dalam laboraturium. Bidang sastra Jepang telah melakukan cosplay dan goes to campus. Selanjutnya saat pemberian latihan menggunakan bahasa Jepang. Hal ini bertujuan untuk melatih kosakata kepada siswa.

“Untuk sastra Jepang sendiri kemarin mereka suka goes to campus atau mendatangi acara cosplay. Mereka juga baru diundang oleh ke beberapa acara dengan menggunakan kostum yang menarik,” imbuhnya

Ekskul ini pun mencari anggota untuk mengikuti kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Saat tidak terdapat anggota dari ekskul, maka ia akan mencari siswa di luar ekskul tersebut untuk mengikuti OSN. Ia mengungkapkan, sejauh ini belum terdapat penemuan baru yang telah ditemukan oleh siswa.

“Kebetulan ekskul ini bertanggungjawab untuk mencari anak untuk mengikuti OSN. Saat tidak ada atau kurang, maka saya akan mencari di luar anggota ekskul,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Hadiri Pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Jabar di Kabupaten Bekasi

Karawang – Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menghadiri pelaksanaan Pembukaan ...