1.285 Masyarakat Karawang Terserap Kerja di Perusahaan

Karawang – Jumlah pencari kerja tidak sebanding dengan yang telah terserap di perusahaan.

Pencari Kerja di Kabupaten Karawang saat ini berjumlah sebanyak 4.403. Jumlah tersebut berdasarkan data yang diperoleh oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi pada September hingga Oktober. Jumlah ini berbanding terbalik dengan masyarakat yang telah terserap di tempat kerja yang berjumlah sebanyak 1.285.

“Ada 4.403 dari September dengan Oktober terus untuk penempatannya ada 1.285 masyarakat yang sudah memiliki pekerjaan,” ujar Aan, Kepala Seksi Pengembangan Informasi Pasar Kerja pada Rabu (9/11).

Sedangkan untuk perusahaan yang telah menyediakan lapangan pekerjaan sekarang sebanyak 49. Jumlah ini mengalami kenaikan sebanyak 16 perusahaan dari jumlah saat September pada Oktober 2022. Perusahaan yang menyediakan lapangan pekerjaan mayoritas di bidang manufactur.

“Kita ambil dari 2 bulan kemarin, kalau September ada 33 loker perusahaan kalau Oktober itu sudah di angka 49 perusahaan,” tambahnya.

Rendahnya jumlah perusahaan yang telah membuka lapangan pekerjaan disebabkan oleh adanya pandemi Covid 19 yang terjadi. Ia menambahkan jumlah tersebut akan mengalami kenaikan hingga Desember 2022. Ia beserta staff pun telah melakukan sosialisasi ke beberapa perusahaan terkait pembukaan lowongan kerja bagi masyarakat.

“Perusahaan kan baru mulai bangkit lagi jadi baru ada lowongan pekerjaan bagi masyarakat, karena selama pandemi kemarin kan karyawan ada yang di PHK,” imbuhnya.

Pihak Disnakertrans pun telah mengembangkan portal baru di website pencari kerja. Pengembangan tersebut yakni portal pemagangan bagi masyarakat. Ia berharap adanya fitur baru tersebut dapat meningkatkan jumlah perusahaan yang bergabung di dalam aplikasi.

“Setau saya di aplikasi loker ini sudah ada pengembangan, mudah-mudahan ke depannya bisa ada kenaikan jumlah perusahaan. Salah satunya pemagang sudah ada portal sendiri di dalam aplikasi info loker,” paparnya

Aplikasi ini telah diketahui oleh masyarakat Kabupaten Karawang. Hal itu terbukti dari Muhamad Fahri Hidayat (18) pencari pekerja menyampaikan jika ia mengetahui aplikasi tersebut berasal dari teman. Selanjutnya ia menyampaikan pendaftaran aplikasi tidak mengalami kesusahan yang berat.

“Baru mau cari kerja sekarang, saya sudah tahu aplikasi ini dan nanya ke teman untuk pendaftarannya. Daftarnya juga susah gampang,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Hadiri Pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Jabar di Kabupaten Bekasi

Karawang – Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menghadiri pelaksanaan Pembukaan ...