Pemilihan Duta Genre Karawang 2022, Tujuh Pasang Terbaik Berlaga di Final

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang

Karawang – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang, melaksanakan apresiasi Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) tahun 2022. Setelah menempuh proses seleksi yang panjang, tujuh pasang duta terbaik terpilih untuk berlaga di malam grand final.

Kepala DPPKB Karawang, Sofiah menjelaskan, Duta Genre merupakan ajang pemilihan remaja terbaik yang bergerak dalam program Keluarga Berencana.

Sofiah menjelaskan, tahun ini, jumlah pendaftar calon Duta Genre Karawang membludak hingga 85 orang. Kemudian, setelah melewati tahap seleksi dipilih sebanyak 50 orang sebagai semifinalis. Hingga akhirnya, ditentukan 14 orang yang akan menjadi tujuh pasang terbaik yang siap berlaga di malam puncak Apresiasi Pemilihan Duta Genre Karawang tahun 2022.

“Duta Genre Karawang 2022 punya terget yang berat, kita ingin mereka tembus sampai nasional. Karena itu, sampai menuju grand final persiapannya harus matang,” ungkapnya, Senin, (14/11/2022) kemarin.

Pelaksanaan Grand Final Pemilihan Duta Genre Karawang 2022 akan digelar pada Sabtu, 26 November 2022 mendatang. Sebelum menuju grand final, semua finalis diberikan pembekalan selama dua minggu untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang program Bangga Kencana.

Kepala Bidang Penguatan dan Ketahanan Keluarga pada DPPKB Karawang, Yudha Wisnu menjelaskan, selama masa karantina, semua finalis diberikan pembekalan. Utamanya tentang empat substansi generasi berencana yang wajib mereka kuasai.

“Empat substansi genre itu terdiri dari kependudukan dan pembangunan keluarga, life skill, persiapan kehidupan berkeluarga (PKBR), hingga kesehatan reproduksi,” ujar Yudha.

Karena target Duta Genre 2022 tembus ke nasional, lanjut Yudha, pihaknya telah mempersiapkan para finalis ini dengan baik. Selain digembleng soal pengetahuan program bangga kencana. Mereka juga diminta untuk meningkatkan skill public speaking hingga punya program kerja yang matang.

“Setiap finalis kita minta untuk buat projek tentang masalah remaja. Tujuannya, untuk persiapan menuju Jabar dan Nasional,” kata Yudha.h

Selanjutnya, ke tujuh pasang finalis ini akan memperebutkan gelar Duta Genre Karawang 2022. Kemudian, mereka akan jadi perwakilan Karawang di ajang serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Selain juara satu, dua, dan tiga. Ajang Duta Genre Karawang 2022 juga memiliki juara kategori Duta Genre Favorit dan Duta Genre Best Talent. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rayakan Hari Kartini Lira Medika Gelar Family Festival di Resinda Park Mall

KARAWANG-Momen Hari Kartini 21 April 2024 lalu digunakan Rumah Sakit ...