Pengambilan Bantuan Sosial Dapat Diwakilkan oleh Keluarga yang Tercantum dalam KK

Karawang – Pengambilan bantuan sosial dapat diwakilkan oleh keluarga yang tercantum dalam 1 Kartu Keluarga.

Pada Senin (28/11/2022) Dinas Sosial mengadakan rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan program bantuan sosial bersama dengan PT. POS, seluruh camat dan beberapa petugas TKSK di Kabupaten Karawang. Ridwan Salam, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial menyatakan data penerima BPNT dan PKH berasal dari kementrian sosial. Kemudian untuk data penerima bantuan BBM. Meski begitu data ini telah masuk dalam DTKS.

“BPNT dan PKH langsung dari kementrian kita sendiri ga melakukan perval, kalau yang BBM dari 3 dinas lalu kita perval karena kan penerimanya itu non bansos tapi masuk dalam data DTKS,” ujarnya.

Saat ini dinas sosial mendapatkan anggaran bantuan sosial sebanyak 7,6 milliar. Penerima bantuan BBM sebanyak 10.900 orang setelah proses perval dilakukan. Sebelum perval data penerima sebanyak 12.000 orang.

“Tidak terdapat data yang crowdite tapi memang hanya waktu untuk pengusulan dan pendataan terbatas. Kita hanya memiliki dana 7,6 milliar jadi di hitung-hitung ada 12.000 penerima tapi setelah di perval hanya ada 10.900 orang,” lanjutnya.

Iwan Gunawan, Kepala Humas Satuan Tugas Bantuan Sosial PT. POS Indonesia Kabupaten Karawang menyatakan bagi KPM yang mengalami halangan dalam pengambilan bantuan, maka pihak keluarga yang terdapat dalam satu Kartu Keluarga dapat menerima. Anak yang belum usia sekolah dan belum memiliki KTP maka saat perwakilan pengambilan membawa Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga dengan adanya pendampingan dari keluarga.

“Teknik pembagian di kita itu sama ya door to door bagi KPM yang tidak dapat datang langsung secara langsung seperti yang lumpuh dan sakit. Kedua itu komunitas dan kantor pos tekniknya KPM membawa surat pemberitahuan dan KTP asli, ini bisa diambil oleh penerima yang masih dalam satu KK bagi penerima yang berhalangan hadir,” tutupnya.

Ia melanjutkan kendala yang terjadi berasal dari penganan saat pendataan di masyarakat. Saat ini penerima seluruh bantuan sosial sebanyak 117.618 KPM di Kabupaten Karawang. Dari total data yang dimiliki tidak seluruh jumlah tersebut memperoleh 3 jenis bantuan sosial.

“Sebenarnya ini bukan hal yang baru secara umum tidak ada kendala, kendala kecil itu dari data hal ini bukan kewenangan kami karena kami hanya menyalurkan saja. Kalau di Kabupaten Karawang ada 117.618 KPM untuk 3 bantuan sosial,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rayakan Hari Kartini Lira Medika Gelar Family Festival di Resinda Park Mall

KARAWANG-Momen Hari Kartini 21 April 2024 lalu digunakan Rumah Sakit ...