Berhentikan Kerja di PT Changsin Harus Bayar Puluhan Juta Rupiah, Ratusan Mantan Karyawan Ngadu ke Disnaker

Karawang – Disnaker Karawang membuka posko pengaduan Karyawan Changsin yang telah mendapatkan PHK dugaan pungli oleh oknum di Changsin.

Ratusan karyawan PT Changsin yang telah PHK diduga menjadi korban pungli. Korban tersebut dimintai sejumlah uang dengan nominal yang bervariasi mulai dari Rp 7 juta hingga Rp 20 juta oleh oknum di PT Changsin terkait pencairan pesangon karyawan PHK PT Changsin.

Berdasarkan pantauan dari awak media, sebanyak 170 karyawan PHK PT. Changsin telah mendaftar ke posko pengaduan di Disnaker Karawang, dengan membawa fotocopy KTP dan tanda bukti transfer bank dan materai, mereka mengadukan nasibnya ke Disnaker Karawang.

Sekertaris Disnaker Karawang, Hj. Rosmalia Dewi mengatakan Hari ini Disnaker Karawang membuka pengaduan Karyawan PT. Changsin yang telah di PHK selama 3 hari, pihaknya akan mengumpulkan data-data Karyawan yang diduga menjadi korban pungli oknum Karyawan PT. Changsin.

“Setelah data-data Karyawan terkumpul selama tiga hari, selanjutnya kami akan laporkan ke Polres Karawang, karena ini sudah masuk ranah pidana. Namun kami tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah, semoga ini semua bisa terungkap dan tak ada lagi korban korban selanjutnya,” ungkapnya, Senin (8/12/2022).

Sementara itu, Susilo perwakilan dari PT. Changsin menyampaikan terima kasih kepada Disnaker Karawang yang telah membuka posko pengaduan Karyawan PT. Changsin, semua bisa terungkap dan terduga pelaku dapat di proses hukum.

“PT. Changsin tidak mentolerir segala bentuk pungli, selama ini management PT. Changsin tidak mengetahui adanya pungli terkait pesangon Karyawan PT. Changsin yang telah di PHK, karena selama ini belum ada pengaduan ke management PT. Changsin,” ujarnya.

Susilo berharap semoga kasus itu cepat terungkap secara terang benderang, agar tidak terjadi kembali dikemudian hari.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Penataran Pelatih, Juri dan Nayaga PPSI Karawang Upaya Melestarikan Budaya Seni Pencak Silat

Karawang – Penataran pelatih, juri dan nayaga yang diselenggarakan Persatuan ...