KB Pasca Persalinan Capai 39,8 Persen

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang

Karawang – Capaian DPPKB Kabupaten Karawang sepanjang tahun 2022.

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang berhasil meningkatkan kinerja, juara dan program sepanjang tahun 2022. Kepala Dinas DPPKB melalui Imam, Sekretaris DPPKB memaparkan kesuksesan tersebut hasil dari kinerja seluruh pihak. Ia melanjutkan program yang telah dilakukan saat ini mulai dari
peningkatan keluarga sejahtera melalui peningkatan pelayanan Keluarga Berencana (KB), dan pengefektifan kampung KB, serta mengarah kepada design kependudukan.

“Kesuksesan yang kita peroleh sekarang ini bukan hanya hasil kerja dari kepala dinas saja tapi juga melibatkan pihak yang lain. Alhamdulillah kita dapat meningkatkannya dalam waktu 1 tahun,” ujarnya pada Selasa (27/12/2022).

Program yang telah dijalankan berupa launching studio podcast, menerbitkan Peraturan Bupati Karawang Nomor 18 Tahun 2022 bersama Dinas Kesehatan tentang Pedoman Pelaksanaan Penurunan Angka Kematian Ibu Baru melahirkan dan Kematian Bayi baru dilahirkan. Selanjutnya telah berhasil mendapatkan juara 2 di SMA Negeri 3 Karawang untuk Sekolah Siaga Kependudukan Tingkat Provinsi Jawa Barat. Kemudian Juara 3 Sekolah Siaga Kependudukan SMA Negeri 1 Pedes Tingkat Provinsi Jawa Barat di Agustus 2022,Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya masih terdapat 10 prestasi lainnya yang telah diperoleh.

“Di tahun ini kita berhasil mendapatkan 14 prestasi sekaligus mulai dari penerbitan peraturan Bupati sampai dengan peningkatan capaian Keluarga Berencana (KB),” tambahnya.

Ia melanjutkan saat ini capaian KB pasca persalinan di Kabupaten Karawang mencapai 39,8 persen hingga Desember 2022. Sebelumnya KB pasca persalinan hanya sebesar 10,33 persen. Program ke depan yakni akan meningkatkan kembali keterampilan remaja pra nikah termasuk tentang penurunan angka stunting dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan dari petugas PLKB.

“Selain tadi yang sudah dilakukan ditahun 2022 seperti penurunan stunting, capaian KB pasca persalinan, pemahaman kepada remaja agar tidak menikah diusia dini, dan design kependudukan, nah ini kerja berat DPPPKB ditahun 2023. Harapan terakhir ditahun 2023 PLKB Non PNS makin banyak yang terakomodasi menjadi PPPK,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Penataran Pelatih, Juri dan Nayaga PPSI Karawang Upaya Melestarikan Budaya Seni Pencak Silat

Karawang – Penataran pelatih, juri dan nayaga yang diselenggarakan Persatuan ...