Mengenal Beladiri Wing Chun hingga Jadi Atlit Prestasi

Angel belajar beladiri Wingchun hingga jadi atlit prestasi

Karawang – Bentuk pertahanan dan perlindungan diri seorang wanita dengan mengikuti beladiri.

Wing Chun sebuah seni bela diri yang berasal dari Tiongkok, saat ini telah diminati oleh wanita di Indonesia. Salah satunya yakni Angel (10), ia telah belajar bela diri tersebut sejak 7 bulan lalu.

Ia menyatakan seorang wanita terutama anak kecil pun memerlukan latihan beladiri sebagai bentuk pertahanan dan perlindungan. Ia tertarik dengan olahraga tersebut dikarenakan melihat adanya pemberitaan penculikan anak-anak.

“Meskipun baru anak kecil tapi karena sudah banyak berita tentang penculikan anak-anak sekarang jadi saya ingin punya bentuk pertahanan diri sendiri,” ujarnya.

Saat awal latihan ia merasa kesulitan dalam menghafal seluruh jurus yang telah diberikan. Meski begitu ia memiliki cara dengan mempelajari kembali secara rutin di rumah. Hanya memerlukan waktu selama 1 bulan ia telah berhasil menghafal keseluruhan.

“Kesulitannya pada waktu pertama latihan. Saya sangat sulit menghapal jurus yang di beri gurunya, alhamdulillah dengan giat berlatih dirumah akhirnya bisa sedikit demi sedikit menghapal jurus beladiri tersebut,” tambahnya.

Undha, Orangtua angel mengaku sebagai orangtua hanya dapat mendukung secara penuh kegiatan yang dilakukan anak. Ia pun tetap melakukan pemantauan pada saat proses latihan di rumah dan saat latihan bersama sifu. Ia menambahkan beladiri tersebut tidak berbahaya bagi anak- anak.

“Tentu saja saya dan ayahnya mendukung sepenuhnya dia belajar beladiri wingchung Karena memang penting juga buat pertahanan diri ke anak. Tentu tidak, saya selalu memantau dia latihan wingchun baik dirumah atau di tempat sifu-nya. Dan juga menurut saya beladiri ini termasuk santai dan tidak keras ke anak anak,” paparnya.

Ia merasa bangga dengan prestasi yang telah diperoleh Angel. Sekarang ini prestasi tersebut telah mencapai tingkat nasional. Kemudian pada tahun 2023 mendatang, ia menyatakan jika Angel akan kembali mengikuti kompetisi di tingkat nasional kembali. Seluruh prestasi tersebut diperoleh pada (17/12) lalu.

“Alhamdulillah sudah mendapatkan prestasi Juara di Kategori Chum KIU C Putri dan Juara 1 Kategori SIU Liem Tao Kelas C kejuaraan Nasional Kungfu Indonesia 2022. Ini adalah prestasi pertama dia mengikuti pertandingan kungfu setara nasional, tahun 2023 akan mengikuti pertandingan di acara PORPROV ( pekan Olah raga provinsi sama FORNAS ( Festival Olah raga rekreasi masyarakat Indonesia) tingkat nasional. Untuk bulan, tanggal dan tempatnya belum di tentukan,” lanjutnya.

Ia menyatakan persiapan yang telah dilakukan berupa memperbanyak kelas latihan di wingchun dan taichi. Kemudian ia pun telah mulai mempersiapkan pembuatan kostum. Ia menambahkan jika beladiri tersebut sederhana dan simpel. Selanjutnya untuk metodologi untuk anak dan dewasa pun mudah. Saat ini Angel mengikuti latihan sebanyak 2 kali dalam 1 minggu.

“Persiapannya lebih banyak latihan dan pembuatan di baju karena angel akan mengikuti kelas wingchun dan taichi. Wingchun itu sederhana, simple, metodologinya mudah, kalangan usia anak anak dan dewasa masuk semua. Ada kelas SIU LIEM TAO , kelas CHUM KIU, kelas TAICHI. Angel latihan seminggu 2x di hari Selasa dan Kamis,” tutupnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lomba Bercerita Tingkatkan Minat Baca dan Lestarikan Budaya Karawang

Mila Apriliasari Karawang – Perlombaan bercerita untuk meningkatkan minat membaca ...

%d bloggers like this: