Lomba Bercerita Tingkatkan Minat Baca dan Lestarikan Budaya Karawang

Mila Apriliasari

Karawang – Perlombaan bercerita untuk meningkatkan minat membaca dan melestarikan budaya Kabupaten Karawang.

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Karawang akan mengadakan perlombaan bercerita bagi siswa kelas 4 hingga 5 tingkat Kabupaten pada Kamis (16/3/2023). Mila Apriliasari, Koordinator Perlombaan memaparkan pendaftaran akan mulai dibuka pada Senin (30/1) hingga Selasa (28/2). Pendaftaran dilakukan secara online melalui website http://bit.ly/lomba.

“Target kami 30 peserta, tema sudah ditentukan, mereka bisa bercerita selama 10 menit. Peserta kami nilai dari beberapa aspek seperti artikulasi, gestur, intonasi, pendalaman cerita, pendalaman peran hingga properti pendukung,” ujarnya pada Kamis (26/1/2023).

Terdapat 3 tema perlombaan yang akan diangkat. Hal ini berdasarkan kearifan lokal di Kabupaten Karawang. Tujuan mengangkat tersebut untuk sosialisasi kepada anak-anak terkait budaya dan cerita rakyat khas.

“Ada 3 kami yang sediakan diantaranya Syekh Quro, Syekh Sultan Lemah Abang dan Cipucuk Caina Asin. Kami ingin agar anak-anak sekarang ini mulai mengenal dan mengetahui budaya khas dari daerahnya sendiri,” tambahnya.

H.Yasin Nasrudin, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan memaparkan kegiatan ini telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Pembudayaan Kegemaran Membaca, di mana ada 3 jalur pembudayaan gemar baca dalam UU tersebut, yakni jalur keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat. Ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut memeriahkan perlombaan tersebut. Ia pun memiliki harapan agar anak-anak mulai memiliki gemar membaca.

“Dalam rangka apresiasi dan memberikan motivasi (gemar baca), melalui satuan pendidikan tingkat awal, perpusda kembali menyelenggarakan lomba bercerita. Diharapkan anak-anak semakin gemar literasi dan juga mencintai budaya Karawang. Hayu sama-sama meriahkan, gas-keun,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...