Pemkab Karawang Punya Rumah Singgah ODGJ

Peresmian Rumah Singgah

Karawang – Peresmian Rumah Singgah sebagai bentuk upaya dalam menangani permasalahan PMKS.

Setelah bertahun-tahun permasalahan Rumah Singgah bagi anak jalanan, pengemis sampai dengan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Karawang saat ini telah teratasi. Pada Kamis (16/2/2023) Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang meresmikan Rumah Singgah bagi mereka. Rumah ini terletak di Jalan Cakradireja, Kecamatan Karawang Barat.

dr.Cellica Nurrachadiana, Bupati Kabupaten Karawang menuturkan telah diberikan fasilitas juga untuk memenuhi kebutuhan penyandang masalah kebutuhan sosial (PMKS). Kemudian diberikan pula bimbingan mental spiritual dan dokter kejiwaan bagi ODGJ.

“Mereka yang terjaring akan kami tampung di rumah singgah ini. Kami siapkan perawatan, pakaian, makanan, bimbingan mental spiritual dan dokter kejiwaan bagi yang ODGJ,” ujarnya.

Masyarakat PMKS yang terjaring akan tinggal di rumah tersebut maksimal selama 1 minggu untuk pendataan. Kemudian akan dilaksanakan penyatuan kembali dengan keluarga di bawah tanggungjawab dinas sosial. Ia pun sedang menyusun adanya Loka Bina Karya sebagai tempat pemberdayaan dan pelatihan.

“Selain itu kami sedang menggagas agar ada Loka Bina Karya sebagai wadah pemberdayaan bagi para anak jalanan, pengemis dan tunawisma dengan pelatihan berbagai macam keahlian,” tambahnya

Ia melanjutkan saat ini pemerintah daerah Karawang telah mempunyai 51 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Seluruh lembaga tersebut telah menangani permasalahan sosial anak-anak. Ia pun menuturkan telah bekerjasama denga beberapa pihak dari program sampai dengan anggaran untuk menampung dan penyembuhan ODGJ di wilayah Kecamatan Purwasari serta Batujaya. Ia memiliki harapan agar Rumah Singgah dapat memberikan manfaat yang baik bagi seluruh pihak.

“Kita juga bekerja sama dan bermitra baik drari segi program dan anggaran dengan orang-orang baik ikhlas untuk menampung dan menyembuhkan ODGJ di Purwasari dan Batujaya. Mudah-mudahan keberadaan rumah singgah di Karawang ini membawa manfaat dan kebaikan bagi kita semua,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Penataran Pelatih, Juri dan Nayaga PPSI Karawang Upaya Melestarikan Budaya Seni Pencak Silat

Karawang – Penataran pelatih, juri dan nayaga yang diselenggarakan Persatuan ...