Begini Program Prioritas Pembangunan Tahun 2024

Dindin Rachmadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Karawang – Program prioritas untuk tahun 2024 akan menangani terkait Keberlanjutan Lingkungan Hidup dan Peningkatan Ketahanan Bencana.

Dindin Rachmadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) memaparkan program prioritas yang di usulkan pada Musrenbang 2024 telah sesuai dengan tema yakni Keberlanjutan Lingkungan Hidup dan Peningkatan Ketahanan Bencana. Ia menambahkan untuk pelayanan terkait stunting, pengawasan inflasi, penurunan angka kemiskinan ekstrim pun akan tetap dilakukan. Selain itu ia pun mengaku terkait infrastruktur juga akan dijadikan prioritas.

“Program prioritasnya sejalan dengan tema, namun di dalamnya juga keterkaitan dengan infrastruktur khususnya ketahanan bencana. Stunting, inflasi, penurunan miskin ekstrim itu kegiatan prioritas juga karena itu adalah pelayanan dasar kita. Kita harapkan pelayanan dasar tetap ada, cuman memang ditambah dengan usungan yang sekarang,” ujarnya pada Kamis (16/3/2023).

Ia melanjutkan saat ini telah melakuka koordinasi dengan pihak PUPR terkait pembangunan talang air di kW 6. Hal ini bertujuan untuk mencegah banjir. Musrenbang ini dilaksanakan secara bertahap. Usulannya mencapai ribuan, kemudian dipilah dan dipetakan untuk program 2024 mendatang.

“Tadi sudah bicara dengan kadis PUPR untuk membangun talak air di kw 6, mungkin itu menjadi salah satu solusinya. Kita berjenjang, awal Agustus sampe September Musrenbang dusun dan desa, digodok dulu lalu dimasukan ke RKPD. Februari Musrenbang kecamatan, dimintakan 10 usulan; 5 infrastruktur, 3 ekonomi dan 2 sosial. Memang ada ribuan, itu kita prioritaskan lagi ditingkat kecamatan,” tambahnya.

Ia memiliki harapan agar program untuk pendidikan, ekonomi kerakyatan serta infrastruktur dan lingkungan hidup dapat berkelanjutan. Hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa program kerja yang belum terselesaikan.

“Pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, infrastruktur dan lingkungan hidup, ini kita coba di 2024 jadi program yang sifatnya simultan. Karena ada PR-PR, ada janji-janji yang harus kita tuntaskan,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lapas Kelas II A Karawang Gelar Razia Kamar Hunian Untuk Mencegah Barang Terlarang Masuk Lapas

Karawang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Karawang melakukan razia ...