Tahun Ini Akan Ada Vaksin Kanker Lahir Rahim untuk Anak SD, Gratis Loh !

dr.Yayuk Sri Rahayu, Kepala Bidang P2P

Karawang – Tahun 2023 akan diberikan vaksin kanker lahir rahim secara gratis bagi anak kelas 5 SD sebanyak 3 kali.

Penyakit kanker serviks yang terjadi pada seorang wanita dapat dilakukan pencegahan. Salah satu pencegahan tersebut dengan diberikan vaksinasi bagi wanita. Vaksin ini dapat diberikan kepada perempuan berusia 10 tahun.

dr.Yayuk Sri Rahayu, Kepala Bidang P2P menyatakan jumlah sasaran di Kabupaten Karawang hingga saat ini belum ditentukan. Selain itu untuk penentuan waktu pelaksanaan pun belum ditentukan lebih lanjut dari Kementrian Kesehatan.

“Ada vaksin ya dengan dilakukan imunisasi untuk mencegah menyebabkan kanker leher rahim. Insyallah tahun ini akan dimulai secara gratis untuk kelas 5 SD, kami masih menunggu tindak lanjut dari Kementrian Kesehatan,” ujarnya pada Senin (27/3/2023).

Ia melanjutkan pemberian vaksin tersebut akan dilakukan secara gratis. Ia menyatakan jika vaksin tersebut sebenarnya tidak dapat di berikan secara gratis jika di luar dinas kesehatan. Kemudian pemberian vaksin akan dilaksanakan sebanyak 3 kali. Ia belum memberikan data kematian perempuan akibat penyakit ini.

“Kanker leher rahim ini disebabkan karena adanya virus. Kalau vaksinnya nanti selama 3 kali suntikan, vaksin yang diberikan HPV. Iya kalau di luar harganya bisa sampai 2,1 juta. Gratis hanya untuk program saja sesuai dengan target yang ditentukan dari kementrian kesehatan,” tambahnya.

Ia memiliki harapan agar perempuan di Karawang dapat memahami penyakit tersebut. Ia mengaku sejauh ini mayoritas perempuan belum memahami terkait penyakit tersebut. Selanjutnya ia menghimbau agar melakukan pengecekan IVA Test di seluruh puskesmas. Pemeriksaan tersebut diberikan secara gratis di puskesmas. Perempuan yang dapat melakukan pemeriksaan yakni yang sudah berkeluarga dan pernah melakukan hubungan. Kemudian menjaga kebersihan area kewanitaan.

“Harapannya terhadap penyakit ini, semoga masyarakat paham tentang penyakit kanker leher rahim. Lalu harus mengubah perilaku hidup yang sehat, menerapkan pola hidup CERDIK dan lakukan cek kesehatannya dengan IVA Tes,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...