Program Ini Genting Atasi Percepatan Penurunan Angka Stunting

Karawang – Program INI GENTING bagi remaja menjadi salah satu langkah dalam mempercepat penurunan angka stunting.

Pada Rabu (29/3/2023) dilaksanakan kegiatan Workshop Edukasi Gizi dan Pencegahan Anemia pada Remaja Tingkat Provinsi Jawa Barat. Eni Gustina, Deputi Bidang KB dan Kespro BKKBN Pusat menyampaikan garda pertama untuk menurunkan angka stunting dimulai dari kalangan remaja dan memperlukan pemberian edukasi sejak sebelum pernikahan. Ia melanjutkan kegiatan ini menjadi bentuk implementasi dalam program percepatan penurunan angka stunting.

“Sebetulnya ini terusan dari tugas BKKBN dalam implementasi melaksanakan mandat dari Presiden untuk percepatan penurunan angka stunting termasuk anak-anak genre. Memang remaja ini fokus pertama kita, untuk menurunkan stunting justru dari sebelum mereka menikah dan saat remaja,” ujarnya

Ia mengimbuhkan ada sebanyak 487 ribu remaja yang diberikan edukasi terkait stunting di Provinsi Jawa Barat. Hal ini telah sesuai dengan aturan dari Presiden, selain itu Provinsi Jawa Barat menjadi harapan terbesar di tingkat nasional. Rentan usia bagi wanita memiliki anak antara 20 hingga 35 tahun.

“Remaja harus merencanakan jangka waktu punya anak. Ideal punya anak itu usia 20 sampai 35 tahun. Salah satunya lewat INI GENTING (implementasi genre mencegah stunting). Mereka nanti yang akan berbicara dengan teman-temannya, Jawa Barat juga menjadi harapan besar untuk nasional. Kita ditugaskan untuk mengedukasi 487 ribu remaja, dengan edukasi remaja akan menanamkan kepentingan untuk sehat dan mendapatkan keturunan yang sehat salah satunya melalui gizi dan pencegahan anemia,” tambahnya.

Ia menghimbau agar pemberian edukasi kepada teman sebaya tidak perlu menunggu adanya perkumpulan. Pemberian edukasi dapat dilaksanakan saat aktivitas sehari-hari.

“Melalui workshop ini menjadi salah satu langkah untuk mencapai edukasi tadi kita harus melalui orang-orang yang bisa memberikan edukasi dan harus bisa menggunakan kesempatan. Tidak menunggu adanya perkumpulan baru memberikan edukasi, tapi saat olahraga dan aktivitas sehari-hari bisa,” imbuhnya

Sementara, Kepala DPPKB Karawang, Sosial melalui Sekretarisnya Imam Bahanan mengatakan, pemerintah kabupaten Karawang sangat mendukung program INI GENTING.

“Kami mendukung program ini, karena melalui remaja semuanya berawal. Karawang juga sudah menerapkan melalui Duta Genre sebagai konselor sebaya pencegahan stunting di usia remaja,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...