80 Siswa SMAN 3 Karawang Diterima di PT & Politeknik Negeri

Karawang – Siswa kelas XII dari SMAN 3 Karawang berhasil lulus ke PTN dan Politeknik Negeri sebanyak 80 orang.

Siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Karawang telah usai mengikuti seluruh tahapan kelulusan. Asep Sahrul Fatoni, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum memaparkan pengumuman kelulusan akan dilakukan pada Jumat (5/5). Di tahun 2023 telah terdapat peningkatan jumlah siswa yang lulus seleksi di Perguruan Tinggi Negeri. Ia menyampaikan ada sebanyak 65 orang telah berhasil lulus ke (PTN) melalui jalur raport. Dari total keseluruhan tersebut ada sebanyak 24 diterima di PTN Kabupaten Karawang. Kemudian ada sebanyak 15 orang telah diterima di Politeknik Negeri.

“Kelas 3 pengumuman itu di tanggal (5/5) dan Alhamdulillah sebelum adanya pengumuman sudah ada 65 siswa diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur raport. Terus yang masuk ke Politeknik negeri kita ada sekitar 15 orang, Alhamdulillah tahun sekarang kita banyak yang masuk negeri,” ujarnya pada Rabu (5/4).

Jumlah di tahun sebelumnya yang berhasil lolos ke PTN ada sebesar 36 siswa. Ia melanjutkan sejak awal telah diberikan sosialisasi kepada siswa dan orangtua agar mengambil jurusan yang di minati. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya blacklist bagi angkatan selanjutnya.

“Tahun sebelumnya hanya 36 orang karena pembinaan kita kepada siswa. Bagi siswa yang ingin masuk perguruan tinggi mau tidak mau harus punya keinginan dan kemampuan. Kemudian juga harus menerima saat lulus, karena kalau tidak diterima kita akan di blacklist dari PTN. Kita sosialisasikan kepada orangtua dan siswa untuk mengambil jurusan yang benar-benar di minati,” tambahnya.

Pembinaan yang telah dilakukan berupa mengadakan pemberian remedial nilai bagi siswa. Kemudian ia menyatakan sebagian besar siswa yang diterima di PTN merupakan siswa yang mempunyai ranking dari 1 sampai dengan 10.

“Setelah nanti yang kelas 11 ini naik ke kelas 12 kita akan sosialisasikan kembali untuk remedial nilai yang belum tuntas supaya bisa memenuhi standar sesuai dengan PTN,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

DPRD Karawang Gelar Sidang Paripurna Terkait Agenda LKPJ Bupati

Karawang – DPRD Kabupaten Karawang menggelar sidang paripurna dengan agenda ...