Korelasi Pembelajaran Renang Sejak Usia Dini Dengan Hadist Nabi SAW

Oleh : Faruq al Fauzan
Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang

RENANG adalah olahraga yang paling populer baik di kalangan remaja orang tua dan bahkan anak-anak juga. Olahraga ini tentang aktivitas gerak ketika berada di dalam air atau kolam renang, kegiatan renang ini adalah olahraga yang sangat kompleks dalam gerakan dan koordinasinya jika kita tidak memahaminya dengan benar maka kita tidak akan bisa melakukannya dan bahkan akan menimbulkan cedera yang cukup parah. Maka dari itu pembelajaran renang ini sangat ditinjau atau sangat diperlukan sekali bagi kita semua terkhusus yang mendalami di bidang olahraga. Karena pembelajaran renang ini tergolong Kompleks dalam gerakan-gerakannya yang mungkin kita ketahui bahwasanya renang itu ada empat macam ; Renang Gaya Bebas, punggung, Dada, dan Kupu-kupu. Dan di masing-masing gaya tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda Bahkan untuk bisa menguasainya memerlukan waktu yang berbeda pula dan tidak sebentar untuk bisa menguasai hal tersebut. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mempelajarinya agar tidak terjadi kekeliruan sehingga menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Sudah kita ketahui bahwasanya zaman semakin modern dan ilmu pengetahuan semakin mudah untuk diakses maka tidak heran jika pembelajaran yang ini menjadi satu hal yang wajib bagi kaum terpelajar mengikuti era dan zaman yang semakin maju maka kita manusia dituntut untuk menjadi lebih pintar, solusinya adalah belajar dan terus belajar agar pengetahuan tersebut dapat kita miliki Dan kita tidak akan terlindas oleh roda zaman yang semakin maju ke depan. Untuk hal ini maka dapat kita simpulkan pembelajaran renang ini itu sangat sangat diperlukan karena apa, karena sangat menunjang bagi kemampuan dan juga kompetensi belajar pada era zaman digital dan modern ini.

Pepatah mengatakan “Belajar diwaktu kecil bagaikan mengukir di atas batu dan belajar di waktu dewasa bagaikan mengukir di atas air”. Kata-kata tersebut bukanlah hanya bualan belaka melainkan bermakna yang sangat-sangat bermanfaat bagi manusia jika kita telah dan pahami maka sistem yang ada pada zaman sekarang ini itu bertolak belakang dengan hal tersebut. Maka dari itu kita harus mempersiapkannya jika ingin mempunyai atlet renang yang sangat-sangat hebat maka kita harus mendidik dan melatihnya dari kecil.

Hal ini sangat berpengaruh pada kemampuan dan kompetensi seorang pelajar jika dilatih dan jadi dididik sejak usia dini, karena dengan waktu yang lama dan juga intensitas kemampuan motorik yang mumpuni maka anak tersebut akan mudah memahami dan juga mudah menguasai pembelajaran yang kita berikan beda halnya ketika usia sudah lanjut dan ketika usia sudah di atas rata-rata itu sangat sulit untuk belajar dan juga sulit untuk memahaminya bahkan sangat jarang sekali yang dapat mempraktekkan.

Imam Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman mengeluarkan hadits tentang keutamaan mengajarkan renang, melempar dan berkuda.

أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ الْقَاضِي ، نا أَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ دُحَيْمٍ الشَّيْبَانِيُّ ، أنا أَحْمَدُ بْنُ عُبَيْدِ بْنِ إِسْحَاقَ بْنِ مُبَارَكٍ الْعَطَّارُ ، نا أَبِي ، حَدَّثَنِي قَيْسٌ ، عَنْ لَيْثٍ ، عَنْ مُجَاهِدٍ ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” عَلِّمُوا أَبْنَاءَكُمُ السِّبَاحَةَ وَالرَّمْيَ ، وَالْمَرْأَةَ الْمِغْزَلَ ” ، عُبَيْدٌ الْعَطَّارُ مُنْكَرُ الْحَدِيثِ
Abu Bakr Ahmad bin Al Hasan Al Qadhi mengabarkan kepada kami, Abu Ja’far Muhammad bin Ali bin Duhaim Asy Syaibani mengabarkan kepada kami, Ahmad bin Ubaid bin Ishaq bin Mubarak Al ‘Athar mengabarkan kepada kami, ayahku (Ubaid bin Ishaq) mengabarkan kepadaku, Qais menuturkan kepadaku, dari Laits, dari Mujahid dari Ibnu Umar, ia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “ajarkanlah anak-anak kalian renang, melempar dan ajari kaum wanita kalian memintal”. (Al Baihaqi berkata: ) Ubaid Al Athar adalah perawi yang munkarul hadits.

Sesuai dengan ucapan atau hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam yang mana menganjurkan kepada kita agar mengajarkan anak-anak kita itu berenang dalam artian pembelajaran renang ini harusnya dilakukan kepada siswa ataupun pelajar dari mulai Usia Dini bisa dibilang usia sekolah dasar yang di mana itu akan mempengaruhi kepada motorik anak dan juga kecerdasannya sehingga ketika pelajar ataupun siswa tersebut menginjak masa dewasa itu sudah mampu menguasai 4 teknik atau 4 gaya renang ini sangat sempurna.

Walaupun kembali lagi kepada sistem atau metode mengajarnya yang di mana setiap klub ataupun coach yang mengajari tentang renang itu memiliki metode dan juga sistem mengajar yang berbeda-beda namun ditinjau dari beberapa aspek itu sangat menguntungkan ketika anak belajar renang pada usia dini dibandingkan alat yang belajar renang itu ketika menginjak masa-masa dewasa yang mana gerakan-gerakan kompleks yang telah disebutkan tadi itu akan lambat atau sulit untuk dipahami dan juga dipraktekkan berbeda dengan usia dini ataupun usia sekolah dasar yang mana sistem penangkapan melewati panca indra yang difokuskan pada indra penglihatan itu sangat efektif dalam pembelajaran anak ini maka dari itu benarlah hadis Nabi Shallallahu alaihi wasallam yang menganjurkan agar kita mengajarkan anak-anak kita untuk belajar renang.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Penataran Pelatih, Juri dan Nayaga PPSI Karawang Upaya Melestarikan Budaya Seni Pencak Silat

Karawang – Penataran pelatih, juri dan nayaga yang diselenggarakan Persatuan ...