Begini Langkah BPBD Karawang Atasi Kekeringan di Musim Kemarau

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karawang

Karawang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karawang telah mengambil langkah dini untuk mengatasi kekeringan yang akan terjadi di musim kemarau.

Kabupaten Karawang saat ini telah memasuki musim kemarau. Saat musim kemarau seperti sekarang, daerah Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru seringkali mengalami kekeringan air bersih.

Mahpudin, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang menyampaikan pihak BPBD telah mengambil langkah lebih awal untuk persiapan peristiwa tersebut. Langkah ini berupa pencarian sumber mata air bersih bagi masyarakat.

“Kalau menurut BMKG sekarang ini lebih kepada transisi dari musim hujan ke kemarau, kemarin kami sudah berkolaborasi dengan instansi lain untuk mencari sumber mata air

Titik mata air telah ditemukan di Desa Kutalanggeng dan Cintalanggeng. Kedalaman mata air yang berads di Kutalanggeng di angka 120 meter. Selain itu untuk kedalaman mata air bersih yang berada di Cintalanggeng di angka 80 meter. Penemuan sumber mata air tersebut menggunakan alat khusus.

“Kami sudah survey penemuan titik mata air di Kutalanggeng dan Cintalanggeng untuk ditindaklanjuti. Berdasarkan dari data hasil geolosik, akan mengambil air dari bawah tanah.

Kemudian ia pun telah menyiapkan 2 mobil tangki yang akan menyediakan air bersih bagi masyarakat. Kapasitas penampungan air masing-masing mobil berbeda. Satu mobil dapat menampung sebanyak 3000 liter air dan satu lagi menampung sebanyak 5000 liter.

“Kami juga sudah menyiapkan 2 mobil tangki yang akan mengirimkan air bersih ke sana. Kapasitas penampungan air 3000 liter dan 5000 liter,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Hadiri Pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Jabar di Kabupaten Bekasi

Karawang – Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menghadiri pelaksanaan Pembukaan ...