Memperingati May Day Federasi Buruh Karawang Geruduk Pemda Karawang

Karawang – Ratusan masa aksi dari Federasi Buruh Karawang (FBK) melakukan aksi memperingati hari buruh atau May Day. Aksi ini berpusat didepan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang (Pemda), Senin (1/5/2023) pada pukul 09.00 hingga 13.00 WIB.

Masa aksi dari Federasi Buruh Karawang juga melakukan longmarch dari Ramayana menuju ke titik kumpul utama di Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang.

Ketua Federasi Buruh Karawang Saripudin mengatakan, menurutnya adanya undang-undang Perpu No.2 Tahun 2022 disambung undang-undang No.6 Tahun 2023 yang dimana undang-undang Perpu menjadi pengesahan undang-undang Ciptakerja yang mana diantara isinya sangat merugikan bagi pihak buruh.

“Kami melakukan aksi menuntut undang-undang Perpu No. 2 Tahun 2022 dan No. 6 Tahun 2023 dimana diantara isinya sangat merugikan khususnya bagi para buruh. Apalagi dari karyawan status kontrak menjadi karyawan tetap itu sangat mustahil belum lagi ada kompensasi pasangon yang dikurangi dalam perhitungan,” kata Saripudin yang akrab dipanggil Acil’s.

Masih sambung Saripudin, pihaknya akan terus menyuarakan agar Perpu itu tidak berlaku di Negara Indonesia. Belum lagi hari ini diatur oleh Pemerintah Pusat yang dimana seharusnya Pemerintah Daerah memiliki peran fungsi untuk mengatur otonomi daerah.

“Kami akan terus menyuarakan agar Perpu itu tidak berlaku di Indonesia seharusnya Pemerintah Daerah mempunya peran fungsi untuk mengatur otonomi daerah,” ujarnya.

Pihaknya berharap agar para buruh dapat memiliki kesadaran tinggi khususnya dibidang ketenagakerjaan.

“Semoga para buruh memiliki kesadaran tinggi dimana hari ini banyaknya polemik persoalan-persoalan dibidang ketenagakerjaan khususnya di Kabupaten Karawang,” harapnya.

Ditengah masa aksi Kapolres Karawang AKBP. Whirdanto mengungkapkan, bahwa hari buruh ini menjadi peringatan semua lapisan masyarakat Indonesia tentunya ditanggal 1 mei ini menjadi sebuah peringatan bagi seluruh masyarakat seluruh Indonesia.

“Kami dari Polres Karawang tentunya memfasilitasi sebuah kegiatan dalam rangka hari buruh internasional kali ini dari forum buruh karawang hadir ke kantor pemerintah daerah untuk menyampaikan aspirasinya. Alhamdulillah aksi kali ini tetap kondusif karena adanya komunikasi yang baik dan Forum Pimpinan Daerah juga mengadakan nonton bareng ada kolaborasi dari buruh dan pemerintah dalam rangka memperingati hari buruh internasional,” ucapnya.

Whirdanto berharap dengan adanya kolaborasi ini tetap terjaga komunikasi silaturahim antara buruh dan pemerintah di Kabupaten Karawang.

“Harapannya ini semakin mempererat komunikasi dan tali silaturahmi antara pemerintah daerah Kabupaten Karawang dengan Komunitas Buruh di Kabupaten Karawang,” pungkasnya.(aip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rayakan Hari Kartini Lira Medika Gelar Family Festival di Resinda Park Mall

KARAWANG-Momen Hari Kartini 21 April 2024 lalu digunakan Rumah Sakit ...