Berawal dari Atlet hingga Jadi Pelatih Silat di Sekolah Dasar

Lapoenna Zakky Mubarok Atlet Pencak Silat (kanan)

Karawang – Saat ini telah ada siswa sekolah SMA Negeri 5 Kabupaten Karawang yang menjadi pelatih silat di 3 sekolah tingkat dasar. Teuku Lapoenna Zakky Mubarok (17) lahir di Aceh, Sumatera Utara ia telah menyukai olahraga silat sejak SMP kelas VII. Ia lahir pada (27/5/2006). Ia memiliki hobi olahraga, ia pun telah meraih lebih dari 10 prestasi.

“Saya asli Sumatera, hobi olahraga. Ikut pencaksilat dari kelas 1 SMP, kalau prestasi sudah lebih dari 10,” ujarnya,Selasa (9/5/2023).

Pada Sabtu (29/4) dan Minggu (30/4) ia memperoleh juara 1 untuk kejuaraan IPSI di tingkat kabupaten. Ia mengaku selama proses persiapan perlombaan kurang maksimal. Hal ini dikarenakan bertepatan dengan puasa. Kemudian untuk waktu latihan pun hanya ada saat pulang sekolah.

“Untuk persiapan, karena kemarin mepet di bulan puasa juga. Jadi cuman 1 bulan, sorenya lari, malemnya teknikan. Jadi agak kurang maksimal,” tambahnya.

Bukan hanya menjadi atlit pencak silat, ia pun telah mengembangkan karir menjadi pelatih di 3 sekolah dasar. Sekarang ia telah memilki murid sebanyak 500 orang. Ia memaparkan sebagai pelatih memiliki banyak kendala saat mengatur emosi anak-anak. Bidang pelatih baru ia tekuni pada tahun 2022 lalu.

“Sejak tahun 2022 jadi pelatih, yang saya latih anak usia dini seperti TK, SD. Sementara saya pegang 3 SD di Karawang, muridnya lebih dari 500. Lumayan menantang karena anak-anak susah diatur emosi sama kemauannya, tapi beban moral ini harus dijaga,” imbuhnya

Ia akan kembali mengikuti kejuaraan di tingkat Kejuaraan Daerah (Kejurda) pada Desember mendatang. Kemudian pada Juli akan mengikuti Pekan Olahraga Daerah. Persiapan yang tengah dilaksanakan yakni memperkuat kuda-kuda, bantingan. Meski begitu ia mengalami kendala pada aturan terbaru yang memperbolehkan adanya tarik menarik.

“Sekarang saya memperkuat kuda-kuda, mempelajari teknik-teknik yang ada untuk persiapan kejuaraan di Bulan Juli dan Desember,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep Hadiri Pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Jabar di Kabupaten Bekasi

Karawang – Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menghadiri pelaksanaan Pembukaan ...