Harga Gabah Meningkat

Gambar Internet

Karawang – Harga gabah dari petani di Kabupaten Karawang saat ini mengalami kenaikan.

Wahyu, Subkontraktor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang menyebutkan selain bahan pokok, beras pun mengalami peningkatan harga. Hal ini terbukti dari adanya kelonjakan harga gabah yang dijual oleh petani. Saat ini harga gabah menyentuh angka 6 ribu dari petani. Selain itu untuk harga beras di angka 9 ribu dari petani.

“Kalau untuk beras memang sekarang harga jual gabah di petani sendiri cukup tinggi. Di sekitar angka 6 ribu dari petani untuk gabah, kalau beras sendiri 9 ribu dari petani,” ujarnya pada Rabu (17/5/2023).

Ia memaparkan kembali jika adanya beras dari Provinsi Jawa Barat dan Timur pun menjadi penyebab kenaikan harga beras di Kabupaten Karawang. Selain itu pun penjualan beras Karawang ke luar daerah mengakibatkan ketersediaan beras berkurang dan harga menjadi melonjak. Saat ini jumlah perputaran beras di Karawang ada sebanyak 10 ribu ton.

“Disamping itu juga di kita ada beberapa hal yang berpengaruh misalkan saat ada beras dari Jawa Tengah dan Timur banyak yang masuk jadi beras di Karawang jadi menurun, kemudian juga adanya permintaan dari luar cukup tinggi. Misalkan Bulog menerima harga jual beras 7000 dan pasar induk 7500 jadi membuat petani menjual beras ke daerah lain dan mengakibatkan harga beras kita naik. Perputaran beras di Pasar Johar per Minggu 10 ribu ton, ini dalam kondisi rata-rata,” tambahnya.

Ia memiliki harapan agar dapat mengembangkan alat pertanian. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan beras bagi masyarakat dan mengurangi ketergantungan

“Secara agroteknologi dapat ditingkatkan lagi untuk pertanian, di kita masih belum ada perubahan. Misal dengan lahan yang besar dapat digunakan sebagai lahan pertanian dengan teknologi supaya kita bisa eksport beras,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rayakan Hari Kartini Lira Medika Gelar Family Festival di Resinda Park Mall

KARAWANG-Momen Hari Kartini 21 April 2024 lalu digunakan Rumah Sakit ...